Cara Membuat Video Dan Menyimpan Presentasi Sebagai File PDF Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda bisa menggunakan opsi Export yang ada di PowerPoint 2013 untuk menyimpan presentasi ke format yang user lainnya bisa membukanya, bahkan ketika mereka tidak memiliki PowerPoint. Format mudahnya adalah PDF (Portable Document Format). Orang yang memiliki Adobe Acrobat atau Adobe Reader bisa melihat presentasi seperti membuka halaman dokumen biasa. Namun, mereka tidak bisa mengedit file kecuali untuk menambahkan komentar atau menyorot teks.

Anda bisa menyimpan presentasi PowerPoint sebagai video yang menyertakan semua narasi, timing, dan animasi yang telah Anda buat di dalamnya. Orang lain kemudian bisa melihat video tersebut pada perangkatnya, atau Anda juga bisa mempostingnya ke situs sharing video seperti YouTube.

Cara menyimpan presentasi sebagai file PDF:

  1. Klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Export.
  2. Klik Create PDF/XPS Document. Lalu, klik tombol Create PDF/XPS yang ditampilkan. Kotak dialog Publish As PDF Or XPS ditampilkan.
  3. Ketikkan nama dokumen. Maksimal 255 karakter dan Anda tidak bisa menggunakan karakter * : < > | “ \ atau /.
  4. Pastikan bahwa daftar Save As Type menampilkan format PDF, lalu klik Publish. Jika Anda memilih check box Open File After Publishing, dokumen PDF akan dibuka pada Adobe Reader di Windows 7 atau aplikasi Reader di Windows 8.

Cara membuat video:

  1. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View.
  2. Klik tab Export.
  3. Klik Create A Video.
  4. Klik daftar drop-down yang pertama dan pilih jenis display yang ingin Anda gunakan untuk presentasi video: Computer & HD Displays, Internet And DVD, atau Portable Devices.
  5. Klik daftar selanjutnya dan pilih apakah menggunakan rekaman timing dan narasi yang sudah Anda simpan untuk video Anda.
  6. Gunakan kotak Seconds Spent On Each Slide untuk mengatur waktu setiap slide yang akan ditampilkan pada video.
  7. Klik Create Video. Kotak dialog Save As ditampilkan.
  8. Masukkan nama pada kotak File Name, pilih lokasi penyimpanan, lalu klik Save.
Tips & Trik:
  • XPS adalah teknologi dokumen kertas elektronik yang dikembangkan oleh Microsoft yang juga bisa Anda gunakan untuk sharing presentasi Anda dengan orang lain yang tidak memiliki PowerPoint.
  • Untuk mendapatkan Adobe Reader secara gratis, kunjungi http://get.adobe.com/reader/ dan klik tombol Download.
  • Jika Anda klik tab File, klik Share, lalu klik Email, Anda bisa klik Send As PDF untuk mengirimkan file presentasi sebagai lampiran pesan email dalam format PDF.
  • Ketika Anda memutar file Video, jika Anda tidak menggunakan timing, Anda bisa menggunakan tanda-panah kiri atau kanan pada keyboard untuk berpindah antar slide.
  • Menyimpan file sebagai presentasi video bisa memakan waktu. Dan juga, jika Anda menutup PowerPoint sebelum video selesai dibuat, PowerPoint akan menampilkan pesan peringatan.

Artikel terkait:
Advertisement