Cara Membuat Custom Refresh Point Di Windows 8

Advertisement
Suatu saat, Anda pasti akan menggunakan opsi Refresh, karena Anda ingin menggunakan kembali file dan aplikasi Anda. Tapi ada sedikit masalah dengan Refresh: meskipun tetap menyimpan semua data dan aplikasi Windows 8, Refresh menghapus aplikasi Desktop Anda. Jika Anda seperti kebanyakan orang yang lebih mengutamakan menggunakan aplikasi Desktop, itu adalah kabar buruk.

Anda bisa membuat Custom Refresh Point sendiri yang menyimpan sistem Anda, lalu menggunakannya untuk melakukan Refresh komputer Anda. Refresh Point tersebut telah menyertakan aplikasi Desktop, sehingga ketika Anda melakukan Refresh, aplikasi-aplikasi Desktop yang Anda miliki akan kembali seperti semula, tidak ada lagi kabar buruk.

Sedikit gambaran tentang perbedaan Refresh Point bawaan Windows 8 dengan Refresh Point yang Anda buat sendiri: saat pertama kali diinstal, Windows 8 akan secara otomatis membuat dan menyimpan Refresh Point. Ketika suatu saat Anda melakukan Refresh sistem Anda, maka Refresh Point tersebutlah yang akan digunakan sebagai dasar untuk mengembalikan sistem komputer Anda. Masalahnya, karena Refresh Point dibuat sebelum Anda menginstal aplikasi Desktop, maka Refresh Point tersebut tidak memiliki informasi tentang aplikasi-aplikasi Desktop tersebut, sehingga aplikasi-aplikasi tersebut tidak mungkin dikembalikan melalui proses Refresh. Sedangkan, jika Anda membuat Custom Refresh Point sendiri (yang Anda buat setelah menginstal aplikasi Desktop), maka informasi mengenai aplikasi-aplikasi tersebut akan disertakan, sehingga mereka akan bisa dikembalikan ke dalam sistem.

Cara membuat Custom Refresh Point:

  1. Pertama, buat direktori baru dimana Anda ingin menyimpan Refresh Point.
  2. Buka Command Prompt dengan hak administrator. Caranya: klik-kanan pada sisi-kiri-bawah layar lalu pilih Command Prompt (Admin).
  3. Ketikkan recimg /createimage <directory>, dimana <directory> adalah nama direktori yang telah Anda buat pada langkah nomor 1. Windows 8 akan menggunakan Image yang ada pada direktori tersebut ketika melakukan Refresh, bukan Refresh Point yang dibuat oleh Windows 8 ketika pertama kali instalasi.
Perintah recimg memberikan Anda fleksibilitas dalam membuat dan menggunakan Refresh Point. Jika Anda memiliki beberapa direktori yang digunakan untuk menyimpan Refresh Point, Anda bisa mengatur direktori mana yang digunakan oleh Windows 8 untuk melakukan Refresh. Untuk melakukannya, Anda setidaknya harus mengetahui beberapa perintah recimg yang bisa digunakan.

Beberapa opsi perintah recimg:

  • /createimage <directory>: membuat Custom Refresh Point pada direktori tertentu dan memerintahkan Windows 8 untuk menggunakan Refresh Point yang ada pada direktori tersebut ketika melakukan Refresh.
  • /setcurrent <directory>: memerintahkan kepada Windows 8 untuk menggunakan Custom Refresh Point yang ada pada direktori tertentu ketika melakukan Refresh (Anda harus memiliki atau membuat Refresh Point terlebih dahulu pada direktori tersebut).
  • /deregister <directory>: memerintahkan kepada Windows 8 agar tidak menggunakan Custom Refresh Point yang ada pada direktori tertentu ketika melakukan Refresh. Jika Anda memberikan perintah ini, maka Windows 8 akan menggunakan Refresh Point defaultnya yang telah dibuat ketika pertama kali instal Windows 8.
  • /showcurrent: menampilkan lokasi direktori yang berisi Refresh Point (yang digunakan untuk melakukan Refresh).
  • /help atau /?: menampilkan teks bantuan untuk perintah recimg.
Tips & Trik:
Setiap kali Anda menginstal aplikasi baru, dan Anda ingin aplikasi tersebut dimasukkan ke dalam Refresh Point, maka buat direktori baru, dan jalankan perintah recimg seperti yang telah dijelaskan diatas untuk membuat Refresh Point baru yang menyertakan aplikasi baru Anda tersebut.
Advertisement