Cara Mengubah Ukuran Dan Menghubungkan Antar Text Box Di Publisher 2013

Advertisement
Pada beberapa kasus, seperti text box pada template, Publisher tidak mengubah ukuran text box jika teks yang Anda ketikkan terlalu panjang. Ketika jumlah kata yang Anda ketikkan pada text box melebihi jumlah kata yang bisa ditampung oleh text box dan Anda tidak diizinkan untuk melebihinya (ke text box lain dengan menghubungkannya), atau tidak ada text box lain yang bisa dihubungkan, tombol Text In Overflow akan ditampilkan dekat dengan pojok-kanan-bawah text box (lihat gambar dibawah). Ketika Anda melihat tombol tersebut, itu berarti ada teks yang tidak bisa ditampilkan, sehingga Anda bisa melakukan Drag/tarik salah satu handle pada text box untuk memperbesar text box untuk menampilkan seluruh teks di dalamnya.
Jika Anda memasukkan file teks ke dalam text box dan konten file tersebut terlalu besar untuk ditampung text box, Publisher menampilkan kotak pesan (lihat gambar dibawah). Jika Anda klik Yes, maka Publisher akan secara otomatis mengisi teks lainnya ke frame-frame di dalam publikasi sampai semua teks ditampilkan, fitur ini disebut AutoFlow. Jika Anda klik No, Anda bisa mengatur teks dengan cara mengubah ukuran text box secara manual. Cara alternatifnya, Anda bisa menghubungkan text box dengan text box lainnya, dan memilih text box tersebut untuk melanjutkan menampilkan sisa teks yang ada. Dengan menghubungkan text box, Anda bisa mengontrol bagaimana teks disebarkan pada text box - text box yang ada.
Anda bisa mengatur beberapa text box untuk mengubah ukuran teks sehingga bisa tertampung di dalam text box. Untuk mengaktifkan fitur ini, klik-kanan pada text box lalu klik Best Fit atau Shrink Text On Overflow. Jika opsi tidak aktif, klik Format Text Box pada menu shortcut, klik tab Text Box pada kotak dialog Format Text Box, lalu klik Best Fit atau Shrink Text On Overflow dibawah Text Autofitting. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Untuk menghubungkan dua text box sehingga teks bisa mengisi dari text box pertama kemudian dilanjutkan ke text box kedua, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik pada text box pertama yang menampung teks berlebihan (tidak bisa menampilkan keseluruhan teks). Tombol Text In Overflow ditampilkan di bagian bawah text box.
  2. Klik tombol Create Link yang ada di grup Linking pada tab kontekstual Text Box Tools ➪ Format. Pointer mouse berubah menjadi kendi.
  3. Arahkan pointer mouse ke text box kedua dimana Anda ingin melanjutkan teks yang tidak bisa ditampilkan pada text box pertama. Pointer mouse berubah menjadi "menuang" yang mengindikasikan bahwa di tempat tersebut Anda bisa melanjutkan menambahkan teks ke dalam text box.
  4. Klik pada text box untuk menghubungkannya, untuk melanjutkan sisa teks yang tidak bisa ditampilkan pada teks box pertama. Jika tombol Text In Overflow juga ditampilkan pada text box kedua, berarti masih ada teks yang tidak bisa ditampilkan. Anda bisa menghubungkan dengan text box lain lagi atau mengubah ukuran teks box-nya.
Ketika Anda memasukkan teks yang tidak bisa ditampung pada sebuah text box, Publisher biasanya membuat halaman baru pada dokumen dan otomatis mengisinya dengan teks. Jika hasilnya tidak seperti yang Anda inginkan, klik text box pertama dimana Anda mulai menambahkan teks, lalu klik tombol Break yang ada di grup Linking pada tab kontekstual Text Box Tools ➪ Format, lalu hubungkan ke text box lain dimana Anda ingin menempatkan teks sisanya.

Tombol lain yang ditampilkan ketika Anda klik pada text box yang saling terhubung dengan text box lainnya adalah tombol Go To Previous Text Box dan tombol Go To Next Text Box. Klik tombol tersebut untuk memilih dan berpindah antar text box yang saling terhubung.

Artikel terkait:
Advertisement