Cara Mengatur Posisi Dan Tumpukan Objek Di Publisher 2013

Advertisement
Pekerjaan menyelaraskan atau menyamakan posisi objek bisa sangat menjengkelkan, terutama jika Anda memiliki mouse yang rewel atau bekerja dengan touchpad laptop untuk menarik objek. Anda bisa menggunakan tombol tanda-panah yang ada di keyboard untuk memindahkan objek yang Anda pilih, tapi sekali tekan tombol tersebut hanya menggerakkan objek sedikit sekali. Ditambah lagi, jika Anda mencoba meluruskan beberapa objek, Anda tidak memiliki cara untuk membuatnya presisi dengan menggunakan mouse.

Cara mengatur posisi objek:

  1. Pilih beberapa objek dengan cara tekan-tahan tombol keyboard [SHIFT] dan klik objek-objek yang ada di dalam publikasi Anda.
  2. Gunakan perintah Align yang ada di grup Arrange pada tab Home untuk mengatur objek-objek yang Anda pilih.
Gambar dibawah menunjukkan bagaimana Anda bisa menggunakan perintah Align untuk mengatur objek di dalam publikasi Anda. Setelah kedua objek dipilih, diterapkan Align Center dan Align Middle. Perintah tersebut meletakkan Clip Art mouse tepat di tengah-tengah frame.


Anda juga bisa memperhatikan garis panduan Alignment berwarna merah-muda yang ditampilkan ketika Anda memindahkan objek. Garis itu ditampilkan untuk mengindikasikan bahwa Anda telah berada pada titik penjajaran, seperti menengahkan objek di dalam kolom. Untuk mendapatkan posisi penjajaran yang tepat, letakkan objek ketika Anda melihat garis tersebut.

Jika Anda memiliki beberapa objek yang saling bertumpuk, Anda pun bisa mengatur posisinya di dalam tumpukan tesebut.

Cara mengatur tumpukan objek:

  1. Klik-kanan pada salah satu objek yang ingin Anda atur posisinya di dalam tumpukan.
  2. Arahkan ke perintah Order pada menu yang ditampilkan, lalu klik salah satu opsi yang ada pada submenu.
Misalnya, jika Anda memilih perintah Bring To Front, maka objek tersebut akan diletakkan diatas objek-objek lain yang saling bertumpuk.

Artikel terkait:
Advertisement