Cara Memformat Teks Di Publisher 2013

Advertisement
Beberapa opsi pemformatan teks yang ada di Publisher berfungsi sama dengan yang ada di Word dan PowerPoint. Klik text box yang ada teksnya yang ingin Anda format, Drag/tarik disepanjang teks di dalam text box untuk menyeleksi teks tertentu, atau tekan tombol keyboard [CTRL + A] untuk memilih semua teks yang ada, lalu gunakan opsi yang ada di grup Font dan Paragraph pada tab Home untuk memformat teks.

Biasanya, jika Anda mengimpor teks dari file lain, teks tersebut sudah memiliki format sendiri. Jika itu yang terjadi, Anda bisa menggunakan galeri Styles untuk menerapkan style tertentu pada teks. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik text box yang di dalamnya ada teks yang ingin Anda format.
  2. Drag/tarik untuk memilih teks atau tekan tombol keyboard [CTRL + A] untuk memilih semua teks termasuk teks yang ada pada text box lain yang terhubung.
  3. Klik Styles yang ada pada grup Styles di tab Home untuk membuka drop-down galeri style.
  4. Klik style yang Anda inginkan untuk diterapkan pada teks yang Anda pilih.

Satu fitur di Publisher 2013 yang juga ada di program Microsoft Office 2013 lainnya adalah kemampuan untuk menerapkan skema huruf/font ke publikasi. Mengubah skema huruf akan mengubah keseluruhan set style yang ada di dalam publikasi. Cukup dengan memilih satu skema, Anda bisa mengupdate tampilan semua teks di dalam publikasi. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik tab Page Design, lalu klik Fonts pada grup Schemes. Galeri skema huruf built-in akan ditampilkan.
  2. Scroll/gulung daftar skema, lalu klik pada skema baru untuk menerapkannya. Publisher akan mengupdate semua huruf di dalam dokumen sesuai dengan skema huruf yang Anda pilih..
Selain bisa mengubah style teks, Anda juga bisa mengubah style WordArt menggunakan galeri yang ada di grup WordArt Styles pada tab kontekstual Text Box Tools ➪ Format. Di Publisher 2013, Anda bisa menerapkan efek baru seperti Shadow, Reflection, Glow, dan Bevel menggunakan tombol Text Effects yang ada pada grup tersebut. Klik tombol tersebut, arahkan ke salah satu tipe efek, lalu arahkan pointer mouse diatas galeri yang ditampilkan untuk melihat preview-nya secara live pada publikasi, lalu klik efek tersebut untuk menerapkannya.

Artikel terkait:
Advertisement