Cara Membuat Publikasi Menggunakan Template Di Publisher 2013

Advertisement
Setiap kali Anda membuka Publisher 2013 atau memilih File ➪ New [CTRL + N], Publisher akan menampilkan pilihan galeri New Template di Backstage View sehingga Anda bisa mencari dan memilih sebuah template untuk digunakan membuat file publikasi baru. Ketika komputer Anda terhubung dengan internet dan Sign In ke Publisher, Anda bisa klik Featured diatas thumbnail template dan Scroll/menggulung kebawah untuk melihat template lain yang tersedia untuk di-download. Klik thumbnail template untuk melihat jendela preview dan deskripsinya, lalu klik Create untuk mendownload template tersebut dan membuat publikasi baru menggunakan template tersebut.
Anda juga bisa mencari template menggunakan Suggested Searches atau kotak teks Search For Online Templates yang ada di bagian atas layar, diatas thumbnail template.

Jika Anda klik Built-In diatas thumbnail template, Publisher menampilkan kategori template seperti: Advertisements, Banners, Brochures, Business Forms, Flyers, dan lainnya. Scroll/gulung ke bawah, klik thumbnail kategori, dan Publisher akan menampilkan subkategori untuk tipe template tersebut. Anda bisa klik pada template yang Anda inginkan untuk melihat preview-nya di pojok-kanan-atas. Scroll/gulung kebawah untuk melihat subkategori lainnya, atau klik salah satu icon folder yang ada di sebelah kanan subkategori untuk melihat template lain pada subkategori tersebut. Beberapa kategori template built-in, seperti kategori Newsletters tidak memiliki subkategori.
Ketika Anda klik thumbnail template yang ingin anda gunakan, anda bisa mengatur template melalui area Customize dan Options dibawah preview template. Pengaturan template ini hanya tersedia untuk template yang sudah diinstal (bukan template online yang belum Anda download). Jendela yang ditampilkan ketika Anda mendownload template online tidak menampilkan opsi apapun. Klik tombol Create untuk membuat publikasi baru menggunakan template yang Anda pilih, dan Anda siap untuk mengganti informasi placeholder yang ada dengan informasi Anda sendiri.

Perhatikan bahwa file publikasi baru memiliki nama placeholder (seperti pada gambar dibawah: Publication4). Selalu ingat untuk menggunakan perintah File ➪ Save As atau klik tombol Save yang ada di Quick Access Toolbar untuk memberi nama file publikasi dan menentukan lokasi penyimpanannya. Selalu tekan tombol keyboard [CTRL + S] secara rutin untuk menyimpan setiap perubahan yang Anda lakukan pada file, dan gunakan perintah File ➪ Open atau klik tombol Open pada toolbar Standard untuk membuka file publikasi Anda lainnya.
Setelah memilih File ➪ Open, Anda bisa klik Recent Publications dibawah Open di Backstage View, lalu klik salah satu publikasi yang ada pada daftar di sebelah kanan untuk membuka file yang pernah Anda buka sebelumnya.

Artikel terkait:
Advertisement