Cara Memasukkan File Teks Di Publisher 2013

Advertisement
Sering kali, menulis teks dan mendesain publikasi adalah dua aktivitas yang berbeda yang ditugaskan ke dua orang yang berbeda pula, terutama publikasi yang membutuhkan banyak teks seperti surat kabar atau katalog. Orang yang menangani penulisan biasanya menggunakan Word, Wordpad, atau program pengolah kata lainnya untuk menulis dan mengedit teks, karena program pengolah kata merupakan tool terbaik untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Anda tidak perlu khawatir tentang mengetik-ulang teks dari katalog. Anda bisa memasukkan file program pengolah kata (seperti Word, Wordpad, teks biasa dengan format.txt atau .rtf) langsung ke dalam placeholder teks. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik pada teks di dalam placeholder. Jika text box adalah placeholder template, tindakan ini memilih text box dan semua teks di dalamnya. Jika placeholder untuk surat kabar atau situasi dengan beberapa text box yang saling terhubung, Publisher akan memilih keseluruhan placeholder di dalam semua text box yang terhubung.
  2. Klik tab Insert, lalu klik Insert File pada grup Text. Kotak dialog Insert Text akan ditampilkan.
  3. Cari file yang akan ingin Anda masukkan. Kotak dialog hanya menampilkan file teks yang formatnya bisa dibaca.
  4. Klik pada nama file teks yang ingin Anda masukkan, lalu klik OK. Teks dari file yang Anda masukkan ditampilkan pada placeholder yang telah Anda pilih. Terkadang, ketika Anda membuat text box sendiri pada dokumen kosong, Publisher mungkin menambahkan halaman text box lain jika teks dari file yang Anda masukkan tidak cukup ditampung pada placeholder yang Anda pilih.
Tips & Trik:
  • Tergantung dengan format file yang Anda masukkan dan apakah teks dan style diterapkan pada dokumen asli, Anda mungkin perlu mengubah pemformatan teksnya setelah memasukkan file.
  • Jika file teks dibuat menggunakan program pengolah kata versi lama yang tidak didukung dan tidak bisa dibuka oleh Publisher, Anda bisa membuat file teks dengan menyimpannya sebagai file teks biasa (format .txt atau .rtf).

Artikel terkait:
Advertisement