Antar Muka (Interface) Microsoft Publisher 2013

Advertisement
Setiap kali Anda membuka Publisher, program akan meminta Anda untuk membuat file publikasi baru dengan cara memilih template dari galeri New Template. Anda bisa membuat publikasi baru dengan cara memilih salah satu pilihan yang ada dibawah Recent untuk membuka dokumen yang baru-baru saja Anda buka sebelumnya, atau klik perintah Open Other Publications untuk membuka publikasi yang pernah Anda buat sebelumnya. Publisher akan menampilkan dokumen publikasi Anda dan Ribbon pada area kerjanya.
Anda bisa membuat publikasi Anda dengan menambahkan teks, objek grafis, dan elemen lainnya pada area halaman putih. Ketika publikasi Anda memiliki beberapa halaman, Anda bisa berpindah antar halaman tersebut dengan cara menekan tombol keyboard [CTRL + PAGE UP] dan [CTRL + PAGE DOWN], atau dengan cara klik pada icon halamannya pada panel navigasi yang ada di sebelah kiri area kerja. Area abu-abu yang ada di sekeliling halaman disebut Scratch Area, yaitu ruang untuk menampung setiap objek yang mungkin Anda keluarkan dari halaman untuk sementara karena tidak Anda gunakan atau untuk Anda atur kemudian.

Penggaris atau mistar (Ruler) vertikal dan horizontal bisa Anda gunakan untuk meratakan objek pada halaman dengan presisi. Ketika Anda Drag/menarik objek, penanda-pergerakan ditampilkan pada setiap penggaris untuk mengindikasikan posisi mouse, dan ukurannya ditampilkan pada Status Bar. Secara default, ketika Anda Drag/menarik sebuah objek dan melepaskan mouse, objek akan menempati (Snap) pada posisi (Alignment) penggaris hijau yang Anda tampilkan (atau bisa Anda tambahkan sendiri). Anda bisa mengaktifkan fitur Snap ini melalui check box Guides yang ada di grup Layout di tab Page Design. Anda bisa menampilkan Ruler Guides untuk mengatur objek dengan cara klik tombol Guides yang ada di grup Layout di tab Page Design, lalu klik salah satu thumbnail dibawah Built-In Ruler Guides pada galeri yang ditampilkan. Anda juga bisa membuat Ruler Guides sendiri dengan cara Drag/menariknya dari penggaris.
Ribbon di Publisher 2013 memiliki berbagai tombol, galeri, dan daftar yang bisa Anda gunakan untuk menambah dan bekerja dengan konten dan file publikasi. Secara default, Publisher menampilkan tujuh tab pada Ribbon, antara lain:
  • File: sebagaimana program Office lainnya, tab File digunakan untuk menampilkan Backstage View, dengan opsi untuk membuat, mengelola, sharing, dan mencetak file.
  • Home: tab ini menyertakan tombol untuk menambahkan dan memformat teks, menyalin dan memposting, bekerja dengan tata letak objek, dan mencari dan mengganti.
  • Insert: tab ini memungkinkan Anda untuk memasukkan halaman, membuat tabel, memasukkan tipe ilustrasi yang berbeda-beda seperti gambar online, menggunakan Building Block untuk membuat konten, menambahkan informasi bisnis atau memasukkan teks dari dokumen lain, menambahkan Hyperlink, dan bekerja dengan Header dan Footer.
  • Page Design: tab ini bisa Anda gunakan untuk mengubah template halaman, mengatur margin, dan skema warna dan huruf.
  • Mailings: tab ini bisa Anda gunakan untuk menggabungkan data dari sebuah daftar untuk membuat salinan dokumen kustom.
  • Review: tab ini menawarkan opsi untuk memeriksa ejaan dalam dokumen, memeriksa konten, mengganti kata dengan kamus, dan mengubah pengaturan bahasa.
  • View: tab ini memiliki opsi untuk mengubah bagaimana dokumen ditampilkan pada layar, seperti pengaturan untuk menyembunyikan dan menampilkan elemen layar tertentu (seperti Ruler dan Guides).
Sebagaimana pada program Office lainnya, selain tab-tab utama yang telah dijelaskan diatas, satu atau beberapa tab kontekstual mungkin ditampilkan tergantung dengan item apa yang Anda pilih pada dokumen. Anda bisa menggunakan tab kontekstual ini untuk memformat dan mengedit objek yang Anda pilih.

Untuk mengetahui fungsi tombol Ribbon dan daftar, arahkan kursos mouse ke tombol atau daftar tersebut untuk menampilkan pop-up ScreenTip yang menjelaskan fungsi tombol atau daftar tersebut.

Artikel terkait:
Advertisement