Cara Mengatur Pesan Error Yang Ditampilkan Di Excel 2013

Advertisement
Kita semua pasti pernah melakukan kesalahan, tapi beberapa kesalahan tersebut mudah diperbaiki daripada yang lain. Jika Anda membuat formula yang membagi nilai dengan 0, atau menggunakan nilai dari cell yang kosong, Excel akan menampilkan tanda error yang mengindikasikan bahwa Anda sedang membuat kesalahan. Jika penyebab errornya adalah karena tidak ada nilai pada cell yang Anda gunakan pada formula, Anda bisa memperbaikinya dengan memasukkan nilai pada cell tersebut.

Namun, terkadang Excel mengidentifikasikan sebuah formula sebagai error ketika memang hasil tersebut adalah yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda membuat sebuah Worksheet yang terdiri dari 5 kolom data dan Anda menghitung jumlah setiap kolom tersebut, Excel akan mengenali pola yang ada pada formula tersebut. Jika kemudian Anda meletakkan tipe formula yang berbeda (seperti formla yang menghitung nilai maksimal yang ada pada 5 baris) pada cell di sebelah 5 formula konsisten tersebut, Excel akan menampilkan pesan error yang mengindikasikan bahwa formula tersebut tidak konsisten, tentu ini akan membingungkan Anda. Beruntungnya, Anda bisa memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa tipe indikator error, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang error tersebut (karena kesalahan tersebut sebenarnya tidak ada).

Cara mengatur pesan error yang ditampilkan:

  1. Klik tab File.
  2. Klik Options.
  3. Klik Formulas.
  4. Kosongkan check box di sebelah tipe error yang ingin Anda abaikan.
  5. Klik OK.

Cara reset pesan error yang ditampilkan:

  1. Klik tab File.
  2. Klik Options.
  3. Klik Formulas.
  4. Klik Reset Ignored Errors.
  5. Klik OK.
Tips & Trik:
Error yang biasanya diabaikan adalah: Formulas Inconsistent With Other Formulas In The Region, dan Formulas Which Omit Cells In A Region. Anda bisa mengosongkan kedua check box tersebut.

Artikel terkait:
Advertisement