Cara Menambahkan Dan Mengatur Perintah Di Ribbon Excel 2013

Advertisement
Di Excel 2013, Anda bisa memodifikasi keseluruhan user interface Ribbon. Ribbon terdiri dari beberapa elemen, antara lain: tab, yang didesain dengan kata yang bisa di-klik yang terletak pada bagian atas Ribbon (seperti Home, Insert, dan Page Layout); grup, yang berisi berbagai perintah (seperti grup Font pada tab Home); dan perintah, yang merupakan item individu yang ada di dalam grup (seperti tombol Bold yang ada pada grup Font di tab Home).

Anda bisa menambahkan dan mengatur tata letak elemen Ribbon untuk menyesuaikan dengan kebiasaan kerja Anda. Batasannya adalah bahwa Anda hanya bisa menambahkan perintah ke grup kustom, bukan pada grup built-in.

Cara menambahkan perintah ke tab Ribbon:

  1. Klik-kanan pada tab Ribbon.
  2. Klik Customize The Ribbon.
  3. Klik tanda-panah-kebawah Choose Command From.
  4. Klik kategori dimana Anda ingin memilih perintah.
  5. Klik perintah yang ingin Anda tambahkan.
  6. Klik tab dimana Anda akan menambahkan perintah tersebut.
  7. Klik grup atau perintah dimana Anda ingin menampilkan perintah baru di sebelah kanannya pada Ribbon.
  8. Klik Add.
  9. Klik OK.

Cara mengatur tata letak perintah pada tab Ribbon:

  1. Klik-kanan pada tab Ribbon.
  2. Klik Customize The Ribbon.
  3. Klik perintah, grup, atau tab yang ingin Anda pindahkan.
  4. Klik tombol Move Up atau Move Down.
  5. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Untuk mengembalikan Ribbon ke konfigurasi yang sama seperti defaultnya ketika menginstal Excel 2013, klik-kanan pada Ribbon, klik Customize The Ribbon, klik Reset, klik Reset All Customizations, lalu klik OK. Jika Anda ingin menghapus perubahan dari satu tab Ribbon tertentu, klik tab tersebut pada panel Main Tabs, klik Reset, klik Reset Only Selected Ribbon Tab, lalu klik OK.
  • Agar Excel menampilkan hanya nama tab Ribbon, coba tekan tombol keyboard [CTRL + F1]. Untuk mengembalikannya, tekan lagi [CTRL + F1].
  • Jika perintah berada pada posisi terakhir pada sebuah tab dan Anda klik tombol Move Down, Excel 2013 akan menempatkan perintah tersebut pada posisi pertama pada tab selanjutnya.

Artikel terkait:
Advertisement