Cara Memformat Angka Di Excel 2013

Advertisement
Data numerik memainkan peranan penting di Workbook Excel, oleh karena itu, bisa dipastikan Anda akan memiliki banyak pilihan untuk memformat dan menampilkan data berupa angka. Dua format yang sering digunakan adalah style angka Accounting yang menampilkan konten cell sebagai nilai yang berhubungan dengan uang, dan Percent yang mengalikan nilai dengan 100 dan menambahkan tanda-persen di akhirnya. Dua keuntungan dari memformat data sebagai persen adalah Anda bisa menghemat banyak waktu (dan menghindari kesalahan) dengan tidak mengetikkan poin desimal atau tanda-persen secara manual, dan Anda bisa memberitahukan kepada user lain bahwa nilai tersebut adalah nilai persen.

Opsi lain untuk memformat angka adalah dengan menampilkan nilai pada cell sebagai angka desimal. Meskipun dua desimal sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan data finansial, Anda bisa menggunakan hingga tiga atau empat desimal untuk melacak data pertukaran uang yang lebih akurat.

Cara menampilkan nilai numerik sebagai mata uang dan persentase:

  1. Pilih cell yang ingin Anda format.
  2. Klik tab Home.
  3. Gunakan tool yang ada di grup Number, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Klik tombol Accounting Number untuk menerapkan style mata uang dengan dua desimal. Anda bisa memilih simbol mata uang selain defaultnya dengan cara klik tanda-panah-kebawah di sisi kanan tombol Accounting Number.
    • Klik tombol Percent Style untuk menambahkan tanda-persen tanpa desimal.
    • Klik tombol Comma Style untuk menambahkan format tanda-koma dengan dua desimal.

Cara mengatur angka desimal:

  1. Pilih cell yang ingin Anda format.
  2. Klik tab Home.
  3. Ikuti langkah berikut:
    • Klik tombol Increase Decimal yang ada di grup Number pada Ribbon.
    • Klik tombol Decrease Decimal yang ada di grup Number pada Ribbon.
Tips & Trik:
Ketika Anda membuat Worksheet, Anda harus mengaplikasikan pemformatan numerik tertentu untuk setiap cell yang akan diisi data. Sehingga ketika Anda memasukkan data atau menyalin data dari dokumen lain, data tersebut akan diformat dan ditampilkan dengan benar.

Artikel terkait:
Advertisement