Cara Mengubah Sumber Data Untuk Form Di Access 2013

Advertisement
Sebuah form memiliki properti Record Source yang mengindikasikan tabel atau query yang menyediakan data untuk form. Anda bisa mengubah properti ini selama sumber baru data memiliki nama field yang sama yang digunakan pada kontrol form.

Pada Design View, jika Anda memulai dengan form yang dibuat berdasarkan sebuah tabel, Anda bisa menggunakan tombol build untuk masuk ke Design View query. Lalu, Anda bisa mengubah properti form Record Source menjadi string SQL, yang kemudian disimpan pada properti form Record Source. Anda lalu bisa menggunakan builder untuk mengedit string tersebut untuk mengubah data yang ditampilkan pada form.

Cara mengubah sumber record dari tabel ke SQL:

  1. Klik tab Design.
  2. Klik Property Sheet pada grup Tools.
  3. Pilih Form pada daftar drop-down Selection Type.
  4. Klik tab Data.
  5. Klik tombol build (...) pada properti Record Source.
  6. Klik Yes untuk membuka Query Builder.
  7. Klik-dua-kali tanda-asterik (*) pada tabel untuk memilih semua field (atau pilih field yang diinginkan).
  8. Untuk memfilter berdasarkan field, klik-dua-kali pada field untuk menambahkan field ke grid query, lalu kosongkan check box Show yang ada dibawah field.
  9. Klik Close.
  10. Klik Yes untuk menyimpan perubahan.
Tips & Trik:
Jika Anda sudah memiliki query lain yang ingin Anda gunakan dengan form, Anda bisa memilihnya pada properti Record Source, yang bisa juga menampilkan daftar drop-down tabel dan query. Namun, Anda harus memastikan bahwa nama field yang ada pada query baru memuat semua yang digunakan pada kontrol yang ditampilkan pada form.

Artikel terkait:
Advertisement