Cara Mengubah Default View Form Di Access 2013

Advertisement
Anda bisa mengubah form menggunakan penyajian yang berbeda. Form memiliki properti yang disebut Default View (yang bisa Anda ubah pada Design View). Properti ini mendukung opsi Single Form, Continuous Forms, Datasheet, dan Split Form.

Ketika sebuah form dibuka, pilihan pada submenu drop-down View yang ada pada tab Home berubah tergantung apakah Default View diset untuk Datasheet atau satu dari tiga pilihan lainnya:
  • Form View.
  • Datasheet View.
  • Layout View.

Cara mengubah Default View:

  1. Dengan form dalam keadaan terbuka, pilih Design View. Submenu drop-down View mungkin berbeda dari contoh yang ada disini tergantung dengan properti form.
  2. Pada tab Design, klik Property Sheet.
  3. Pilih Form.
  4. Klik tab Format.
  5. Ubah properti Default View. Untuk melihat penyajian default yang diubah, tutup dan simpan form lalu buka lagi form dari panel navigasi.
Tips & Trik:
Meskpun Anda bisa mengubah properti Default View dari Continuous Forms menjadi Single Form, kontrol ini hanya menampilkan record secara multiple atau single. Anda masih harus mengubah layout kontrol, memindahkan kontrol ke lokasi yang tepat pada form untuk mendapatkan tampilan penyajian yang diinginkan. Single Form biasanya memiliki label dan kontrol pada bagian detil, sedangkan Continuous Forms biasanya memiliki label pada header dan kontrol pada bagian detil. Di Access, Anda bisa mencampur opsi tersebut dan membuat model penyajian Anda sendiri.

Artikel terkait:
Advertisement