Cara Mengimpor Data Dari File Teks Menggunakan Specification Di Access 2013

Advertisement
Import Text Wizard adalah fitur yang sangat canggih yang memungkinkan Anda mengimpor data dari berbagai format. Format teks yang paling populer adalah Delimited. Pada format tesebut, kolom dipisahkan dengan tanda-koma dan field teks dikelilingi dengan tanda-petik ganda. Anda mungkin sesekali menemukan file yang menggunakan Delimiter yang berbeda, dan Import Text Wizard bisa menangani hal tersebut.

Format kedua yang mungkin Anda temui adalah Fixed Width, dimana setiap field memiliki jumlah karakter yang tetap. Import Text Wizard juga akan membantu Anda untuk menentukan batas kolom ketika Anda bekerja dengan format ini.

Cara impor data dari file teks:

  1. Pada tab External Data, di grup Import & Link. klik Text File.
  2. Biarkan pilihan default untuk mengimpor sumber data ke dalam tabel baru di dalam database.
  3. Cari file teks. Pilih file lalu klik Open.
  4. Klik OK.
  5. Pilih Delimited atau Fixed Width, sesuai dengan format file teks. Delimited merupakan pilihan umum. Jika Anda ingin melihat fitur Import Text Wizard yang lebih lanjut, lanjutkan ke langkah nomor 6, jika tidak klik Next dan lanjutkan ke langkah nomor 10.
  6. Klik Advanced.
  7. Sesuaikan pengaturan yang berhubungan dengan impor teks.
  8. Klik Save As untuk menyimpan pengaturan Anda sebagai Specification.
  9. Ketikkan nama Specification, lalu klik OK. Klik OK untuk menutup jendela Advanced.
  10. Jika baris pertama Anda pada file teks berisi nama field, pilih check box First Row Contains Field Names, lalu klik Next. Gambar contoh tidak berisi baris tersebut.
  11. Untuk mengubah tipe data yang diimpor pada kolom, pilih kolom.
  12. Pilih tipe data pada kotak drop-down Data Type. Gunakan Scroll Bar horizontal untuk melihat kolom sumber data lainnya.
  13. Klik Next.
  14. Izinkan Access menambahkan primary key, atau pilih sendiri kolom yang akan digunakan sebagai primary key. Klik Next.
  15. Ketikkan nama tabel data, lalu klik Finish.
Tips & Trik:
Ketika mengimpor data, Access memberikan Anda tiga pilihan untuk mengatur primary key baru pada tabel. Opsi yang paling mudah adalah membiarkan pilihan defaultnya dan membiarkan Access menambahkan primary key, ini akan menambahkan field autonumber (ID) ke tabel Anda.

Artikel terkait:
Advertisement