Cara Menghilangkan Nilai Ganda/Duplikat Di Access 2013

Advertisement
Tiap baris pada sebuah tabel database harus berisi data yang unik dan tidak boleh ganda/duplikat. Namun, karena menggunakan query yang memungkinkan Anda untuk memilih hanya beberapa field saja, nilai pada field yang dipilih tersebut bisa saja digandakan. Oleh karena itu, sangatlah berguna ketika Anda diberi tabel data dari sumber lain diluar Access, Anda memeriksa daftar nilai unik pada field tertentu.

Dalam contoh berikut, kami memiliki daftar record Customer dimana ada lebih dari satu kustomer pada tiap kotanya, dan kami ingin menampilkan daftar nama kota yang unik.

Cara menghilangkan baris ganda/duplikat:

  1. Pilih dan coba urutkan/sortir field.
  2. Hilangkan setiap nilai NULL dengan cara mengetikkan Is Not Null pada Criteria.
  3. Klik Property Sheet untuk menampilkan Property Sheet (jika belum ditampilkan). Jika Property Sheet Anda tidak menampilkan properti seperti pada gambar, klik di sembarang tempat pada background abu-abu untuk melihat properti query. Property Sheet bisa menampilkan properti query atau field tergantung dimana Anda terakhir klik pada tool query design.
  4. Ubah properti query Unique Values menjadi Yes.
Tips & Trik:
Anda juga bisa mencari nilai unik dengan cara membuat summary query, dimana Anda membuat sebuah query, memilih field tunggal, lalu klik tombol Totals. Secara default, field kemudian menggunakan Group By Total, yang menghasilkan output yang sama dengan cara yang telah dijelaskan diatas.

Artikel terkait:
Advertisement