Cara Menggabungkan Tabel Untuk Mencari Record Yang Tidak Sesuai Atau Hilang Di Access 2013

Advertisement
Tabel bisa digabungkan menggunakan satu dari tiga cara. Metode penggabungan ditampilkan pada diagram, tanpa tanda-panah atau dengan tanda-panah pada satu atau di akhir penggabungan. Ketika Anda klik gabungan tersebut, Anda akan melihat teks deskripsi bagaimana setiap pilihan akan mempengaruhi data.

Ada dua kegunaan dalam mengubah gabungan (join). Pertama, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi child record yang tidak sesuai, dan yang kedua berguna ketika Anda memiliki record yang hilang pada hasil query.

Cara mencari child record yang tidak sesuai:

  1. Klik-dua-kali pada relasi.
  2. Pada jendela pop-up Join Properties, klik opsi untuk menyertakan semua child record (pada gambar contoh, tabel Orders adalah child/anak dari tabel Customers). Klik OK untuk menutup jendela pop-up Join Properties.
  3. Tambahkan Criteria untuk menentukan dimana parent key (pada gambar contoh adalah ID pada tabel Customers) tidak memiliki nilai (Is Null). Ini akan memfilter hasil query untuk menampilkan hanya record yang ada pada tabel Orders dimana tidak ada kustomer yang cocok pada tabel Customers.

Cara menampilkan semua parent record dengan dan tanpa child record:

  1. Klik-dua-kali pada relasi.
  2. Pada jendela pop-up Join Properties, klik opsi untuk menyertakan semua parent record (pada gambar contoh adalah tabel Customers).
Tips & Trik:
  • Pada tab Create, Anda bisa membuat query (untuk mencari child record yang tidak sesuai) dengan menggunakan Query Wizard, yang akan menampilkan opsi Find Unmatched Query.
  • Dengan menampilkan semua parent record, Anda bisa yakin bahwa report yang telah dibuat untuk menggunakan query ini akan menampilkan daftar semua parent record, bahkan ketika mereka tidak memiliki child record.

Artikel terkait:
Advertisement