Cara Mengatur Database Dengan Navigation Form Di Access 2013

Advertisement
Navigation Form adalah form spesial yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah form dengan sekumpulan tab yang bisa menampilkan form atau report lain (report akan ditampilkan di Report View). Anda bisa membuka form pada Layout View dan drag/tarik form lain dari panel navigasi ke dalam area [Add New] di jendela Navigation Form untuk membuat link tambahan yang akan ditampilkan pada form baru di dalam penyajian Navigation Form.

Membuat Navigation Form dua-level memungkinkan Anda untuk membangun sekumpulan tab dengan title, yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan form dan report dibawah tiap title.

Cara membuat Navigation Form:

  1. Klik tab Create.
  2. Klik tanda-panah drop-down Navigation pada grup Forms.
  3. Pilih Horizontal Tabs pada submenu.
  4. Buka panel navigasi dengan menggunakan shutter bar.
  5. Klik untuk memilih sebuah form.
  6. Drag/tarik form ke dalam Navigation Form disebelah tab [Add New]. Ini akan membuat tab baru untuk form yang dipilih tersebut.
  7. Ulangi langkah nomor 1 sampai 4, tapi kali ini memilih Horizontal Tabs, 2 Level dari submenu Navigation, klik-dua-kali tab [Add New] pada level pertama dan ketikkan teks untuk tab tersebut. Lalu lanjutkan langkah nomor 5 dan 6 untuk menambahkan form ke tab level kedua.
Tips & Trik:
Jika Anda memilih untuk membuat Navigation Form dua-level, Anda bisa klik tab [Add New] pada level pertama dan ketikkan teks. Klik tab pada level pertama memungkinkan Anda untuk drag/menarik form atau report ke dalam tab level kedua, menciptakan hirarki tab.

Artikel terkait:
Advertisement