Cara Menambahkan Dua Set Hasil Query Secara Bersamaan Di Access 2013

Advertisement
Ketika Anda memiliki dua set data atau lebih yang memiliki jumlah kolom yang sama, header kolom yang sama, dan kolom tipe data yang sama, dan Anda ingin mengkombinasikannya ke dalam satu daftar, Anda bisa melakukannya dengan cara membuat query UNION. Query ini menggunakan keyword spesial UNION atau UNION ALL. Anda bisa mengkombinasikan banyak blok SQL menggunakan keyword ini.

Dalam contoh berikut, terdapat dua tabel, Customers dan OldCustomers, yang datanya di kedua tabel akan ditampilkan pada satu daftar.

Cara menambahkan dua set hasil secara bersamaan:

  1. Pada Design View, tambahkan tabel pertama ke dalam grid query dan tampilkan field yang diinginkan.
  2. Pindah query ke SQL View.
  3. Hilangkan tanda-semicolon (;) di akhir query SQL, sorot query SQL dan Copy query SQL ke Clipboard.
  4. Pada baris baru, ketikkan keyword UNION
  5. Pada baris baru, Paste-kan query SQL yang sebelumnya sudah di-Copy, dan ubah referensi pada salinan query SQL untuk mengarahkan ke tabel kedua dan nama kolom. Susunan field, jumlah field, dan tipe data harus identik pada kedua bagian query SQL. Field nama bisa berbeda.
Tips & Trik:
Anda tidak diizinkan untuk memilih data Attachment, data Long Text, atau kolom tipe data OLE pada query UNION. Anda bisa menggunakan * untuk memilih semua field asalkan tidak ada field yang memiliki tipe data tersebut.

Artikel terkait:
Advertisement