Cara Memilih Kolom Individu Dari Satu Tabel Atau Lebih Di Access 2013

Advertisement
Dengan memilih kolom, Anda memiliki keuntungan yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang sebenarnya sedang dipilih, dan juga akan menyerdehanakan proses pemfilteran dan penyortiran.

Jika Anda menggunakan * untuk menyertakan semua kolom pada tabel dan ingin menyortir berdasarkan kolom, Anda harus menambahkan kolom untuk disortir di dalam query (karena Anda tidak bisa menyortir *), tapi kosongkan tanda-check pada baris berjudul Show ketika menambahkan kolom karena Anda menampilkan kolom sebagai bagian dari *, yang memilih semua kolom.

Cara memilih kolom individu:

  1. Pada Design View, klik-dua-kali sebuah kolom untuk menambahkannya ke dalam grid (atau drag/tarik kolom tersebut ke dalam grid).

Cara menyortir berdasarkan kolom yang dipilih:

  1. Dibawah satu atau beberapa kolom yang dipilih, pilih Ascending atau Descending dari daftar drop-down penyortiran. Untuk menyortir berdasarkan grup kolom, letakkan kolom pada urutan yang Anda inginkan dengan cara drag/menariknya. Penyortiran diterapkan dari kiri ke kanan.

Cara menggabungkan banyak tabel:

  1. Klik Show Table pada tab Design di Ribbon.
  2. Pada jendela pop-up Show Table, klik tabel kedua yang akan ditambahkan ke dalam grid query.
  3. Klik Add. Perhatikan bahwa relasi secara otomatis ditampilkan pada grid.
  4. Klik Close untuk menutup jendela pop-up Show Table.
  5. Pilih field (pada lebih dari satu tabel) yang akan ditampilkan.
Tips & Trik:
  • Jangan menyertakan field yang sama lebih dari sekali. Karena akan menyebabkan masalah ketika Anda memulai membuat form dan report yang menggunakan query tersebut. Query akan otomatis memberikan nama baru untuk field duplikat karena tiap nama field pada tabel atau query haruslah unik.
  • Untuk menghapus kolom, cukup klik diatas nama kolom pada header kolom dan tekan [DELETE]. Anda bisa memasukkan kolom dengan cara menekan tombol [INSERT] setelah Anda memilih header kolom. Ribbon juga memiliki tombol yang bisa melakukan pekerjaan tersebut.
  • Jika Anda memiliki relasi pada database, Access akan menggunakannya untuk menggabungkan tabel Anda. Jika tabel Anda tidak bergabung, Anda bisa klik sebuah field pada satu tabel dan drag/tarik ke dalam tabel lain untuk menghubungkan tabel. Semua tabel yang ditampilkan pada grid query harus digabungkan. Jika tidak, Anda akan mendapatkan semua baris dari satu tabel yang ditampilkan saling bertentangan dengan tiap baris dari tabel lain.

Artikel terkait:
Advertisement