Cara Membuat Parameter Untuk Query Di Access 2013

Advertisement
Jika Anda memiliki query yang sering Anda gunakan dengan kriteria yang berbeda, daripada harus mengubah desain query setiap kali Anda ingin mengganti kriteria atau membuat banyak salinan query dengan kriteria yang berbeda, Anda bisa menggunakan parameter sehingga ketika Anda membuka query, secara otomatis akan menanyakan kepada Anda untuk memasukkan nilai parameter yang kemudian menampilkan datanya berdasarkan parameter tersebut.

Tipe query seperti ini juga bisa digunakan untuk menyediakan data untuk form atau report. Ini artinya Anda bisa memiliki report yang ketika dibuka akan menanyakan nilai parameter sebelum menampilkan hasilnya.

Cara membuat parameter untuk query:

  1. Klik Parameters.
  2. Ketikkan nama parameter pada tanda-kurung. Pastikan bahwa nama parameter berbeda dengan nama kolom pada query Anda, atau parameter tidak akan berfungsi.
  3. Ketikkan atau pilih tipe data untuk parameter, lalu klik OK.
  4. Ketikkan nama parameter tanpa tanda-kurung. IntelliSense akan memandu Anda.
  5. Ketika Anda membuka query tersebut, masukkan nilai parameter untuk melihat hasilnya.
Tips & Trik:
  • Ketika melihat query yang di-parameter-kan pada Datasheet View, Anda bisa menekan tombol [SHIFT + F9] untuk memasukkan parameter lain, lalu refresh untuk menampilkan hasil yang baru.
  • Anda bisa menambahkan wildcard untuk mencari dengan parameter. Misalnya dengan menambahkan kriteria Like '*' & [Enter Product Name] & '*'. Ini akan berguna jika Anda ingin mengizinkan user untuk memasukkan hanya sebagian dari konten field daripada harus memasukkan yang sama persis.

Artikel terkait:
Advertisement