Cara Membuat List Box Di Access 2013

Advertisement
List Box merupakan pilihan kontrol yang bagus untuk, misalnya saja 10-20 opsi. Anda bisa mengkonfigurasikan List Box melalui propertinya untuk memungkinkan dibuatnya banyak seleksi. Baik List Box maupun Combo Box, bisa menampilkan pilihan yang Anda masukkan ketika membuat kontrol, atau bisa melihat nilai dari tabel atau query.

Cara membuat List Box berdasarkan nilai:

  1. Buka form pada Design View. Pada Ribbon Form Design Tools, klik tab Design.
  2. Klik tombol List Box pada toolbox Controls.
  3. Klik dan tahan mouse pada posisi yang sesuai pada form.
  4. Drag/tarik mouse disepanjang area untuk menyesuaikan ukuran kontrol.
  5. Klik I Will Type In The Values That I Want, lalu klik Next.
  6. Ketikkan 2 untuk Number Of Columns.
  7. Ketikkan pilihan untuk kedua kolom, lalu klik Next.
  8. Pilih Col1 untuk menyimpan nilai yang ada pada kolom tersebut, lalu klik Next.
  9. Klik Store That Value In This Field.
  10. Pilih field dari daftar drop-down, lalu klik Next.
  11. Ketikkan label untuk field, lalu klik Finish. Form pada gambar, ditampilkan pada Form View dengan List Box yang sudah jadi.
Tips & Trik:
  • Ketika menggunakan Combo Box dan List Box, Anda mungkin ingin menggunakan 2 kolom, dimana kolom pertama akan berisi nilai yang akan disimpan dan kolom kedua akan menyediakan teks deskripsi dari nilai tersebut. List Box biasanya digunakan untuk menampilkan beberapa kolom informasi.
  • Pada desain tabel, Anda bisa menentukan apakah field ditampilkan sebagai List Box atau Combo Box pada properti field. Berdasarkan data pada tabel atau sekumpulan nilai. Menentukan tipe dan nilai field pada desain tabel artinya jika Anda drag/tarik field dari panel Field List atau menggunakan Wizard untuk membuat sebuah form, field tersebut akan ditampilkan menggunakan tipe kontrol yang sesuai, ini akan menghemat waktu Anda ketika membuat form.

Artikel terkait:
Advertisement