Cara Membuat Kontrol Image Di Access 2013

Advertisement
Kontrol Image digunakan untuk menampilkan gambar Embedded, Linked, dan Shared. Anda bisa menambahkan kontrol Image dari toolbox Controls atau dengan menggunakan tombol Image yang ada pada Ribbon. Jika Anda menggunakan tombol Image, gambar juga akan tersedia pada daftar drop-down gambar yang digunakan oleh form dan report lain. Keuntungannya adalah bahwa gambar tersebut sebenarnya disimpan hanya sekali di dalam database, sehingga Anda bisa meminimalkan ukuran database, terutama jika Anda memiliki file gambar yang berukuran besar.

Cara membuat gambar dengan kontrol Image:

  1. Buka form pada Design View. Pada Ribbon Form Design Tools, klik tab Design.
  2. Klik tombol Image pada toolbox Controls.
  3. Letakkan kontrol pada form.
  4. Pada jendela pop-up Insert Picture, pilih gambar dan klik OK.

Cara membuat gambar dengan Image Gallery:

  1. Buka form pada Design View. Pada Ribbon Form Design Tools, klik tab Design.
  2. Klik Insert Image.
  3. Klik Browse.
  4. Ubah filter menjadi All Files.
  5. Klik file dan klik OK.
  6. Atur posisi gambar pada form.
Tips & Trik:
  • Jika Anda mengamati properti kontrol Picture Type, Anda akan melihat bahwa itu adalah Embedded (yang artinya bahwa salinan gambar tersebut disimpan pada form). Properti Picture Type lainnya: Linked (dimana gambar terletak pada lokasi eksternal diluar database sebagai file), dan Shared (dimana gambar disimpan di dalam database tapi dibagikan dari satu salinan).
  • Setelah Anda klik Insert Image, Access akan menampilkan Image Gallery yang menampilkan gambar-gambar yang sudah ditambahkan ke dalam database Anda, Fitur ini hanya tersedia di format file .accdb desktop. Sedangkan format file lama .mdb, tombol Image akan berwarna abu-abu dan tidak tersedia.

Artikel terkait:
Advertisement