Cara Membuat Kalkulasi Menggunakan Expression Builder Di Access 2013

Advertisement
Anda bisa mengetikkan kalkulasi secara langsung pada query, baik untuk membuat sebuah kolom dan sebagai kriteria pemilteran terhadap kolom yang sudah ada. Untuk menghindari kesalahan pada nama field, atau untuk mengeksplorasi berbagai fungsi built-in, Anda bisa menggunakan Expression Builder untuk membantu Anda dalam membuat ekspresi yang lebih kompleks.

Access menyediakan banyak fungsi built-in untuk membantu Anda membuat ekspresi. Dua fungsi umum yang populer adalah fungsi NZ yang mengkonvert NULL ke sebuah nilai seperti 0 untuk field angka atau string kosong untuk field teks, dan fungsi IIF yang memungkinkan Anda untuk melakukan kalkulasi kondisional. Anda juga akan merasakan manfaat kotak Zoom ketika bekerja dengan ekspresi yang kompleks.

Cara membuat ekspresi menggunakan Expression Builder:

  1. Klik pada heading kolom kosong. Pastikan bahwa Anda sudah menyimpan query. Jika tidak, Anda tidak akan melihat nama kolom pada Expression Builder.
  2. Klik Builder (atau klik-kanan dan pilih Build).
  3. Pada kotak dialog Expression Builder, klik-dua-kali field pada panel Expression Categories untuk menambahkannya ke dalam expresi.
  4. Masukkan fungsi diantara setiap field (seperti *, +, -, dan lainnya).
  5. Klik OK. Pada gambar contoh, field ekspresi akan dibaca Expr1:[Quantity]*[UnitPrice].
  6. Klik field, lalu tekan [SHIFT + F2] (atau klik-kanan dan pilih Zoom).
  7. Edit title field, lalu klik OK.
Tips & Trik:
  • Ketika Anda menambahkan nilai NULL ke dalam ekspresi, Access akan membuat keseluruhan ekspresi menjadi NULL (misalnya, 5 + NULL = NULL). Disinilah letak manfaat dari fungsi NZ. Daripada menggunakan [Field1]+[Field2], Anda bisa menggunakan Nz([Field1]) + Nz([Field2]), yang akan menghasilkan 5 + 0 = 5.
  • Semua field harus memiliki title yang unik, bahkan field kalkulasi yang Anda buat sendiri. Anda juga bisa menggunakan fitur ini unuk mengubah nama field yang akan ditampilkan dengan nama alternatif pada query.

Artikel terkait:
Advertisement