Cara Membuat Form Parent/Child Menggunakan Form Wizard Di Access 2013

Advertisement
Layout parent/child memungkinkan relasi antara dua tabel (dimana record pada satu tabel sesuai dengan multiple record pada tabel lain) untuk direpresentasikan dengan subform yang ada pada form utama (parent). Saat Anda bergerak melalui form utama, record yang berkaitan pada subform secara otomatis di-filter dengan menghubungkan properti field pada kontrol subform.

Alternatif penyajian subform child adalah untuk memunculkan jendela terpisah yang menampilkan record child yang berkaitan. Anda bisa membuat form yang menggunakan fitur ini dengan menggunakan Form Wizard. Form Wizard memungkinkan Anda untuk mmilih field dari tabel lain dan secara otomatis membuat penyajian yang tepat.

Cara membuat form parent/child dengan subform:

  1. Klik tab Create.
  2. Klik Form Wizard pada grup Forms.
  3. Pilih tabel parent.
  4. Pilih field dari tabel parent.
  5. Pilih tabel child/anak (yang berhubungan dengan tabel parent).
  6. Pilih field dari tabel child.
  7. Klik Next.
  8. Pilih pengelompokkan yang sesuai untuk tabel parent.
  9. Klik Next.
  10. Pilih penyajian Datasheet untuk subform.
  11. Klik Next.
  12. Pada field Form, ketikkan title untuk form parent.
  13. Pada field Subform, ketikkan title untuk subform.
  14. Klik Finish.
Tips & Trik:
  • Jika Anda memilih Linked Form, informasi child akan ditampilkan pada form lain, dan sebuah tombol akan ditambahkan ke form parent untuk memunculkan record child.
  • Nama yang Anda berikan untuk title digunakan untuk nama form parent dan subform child. Anda bisa memberikan nama yang bisa mengidentifikasikan form parent untuk membantu Anda mengingat mana subform dan form utama.

Artikel terkait:
Advertisement