Cara Membuat Form Datasheet Menggunakan Format Kondisional Di Access 2013

Advertisement
Template Datasheet More Forms akan membuat sebuah form yang di set untuk menampilkan form pada Datasheet View. Selain menggunakan fitur standar Datasheet, seperti drag/menarik kolom ke kiri atau kanan atau menyortir menggunakan tanda-panah drop-down dari header kolom, Anda bisa menggunakan fitur format lainnya, seperti format kondisional ketika menggunakan form ini.

Format kondisional memungkinkan Anda untuk membuat rule yang mengubah warna dan properti format field lainnya, tergantung dengan data yang ada didalamnya. Termasuk menampilkan bar data yang menampilkan persentasi nilai ketika dibandingkan dengan total kolom.

Cara membuat form Datasheet:

  1. Klik untuk menyorot sebuah tabel pada panel navigasi.
  2. Klik tab Create.
  3. Klik tanda-panah drop-down More Forms pada grup Forms.
  4. Klik Datasheet pada submenu.
  5. Klik pada kolom untuk menerapkan format kondisional.
  6. Klik Conditional Formatting.
  7. Pada jendela pop-up Conditional Formatting Rules Manager, klik New Rule.
  8. Pada jendela pop-up New Formatting Rule, pilih ekspresi.
  9. Ketikkan nilai untuk perbandingan.
  10. Ubah warna background rule.
  11. Klik OK untuk menutup jendela pop-up New Formatting Rule, lalu klik OK untuk menutup jendela pop-up Conditional Formatting Rules Manager.
Tips & Trik:
Jika Anda melihat form ini pada Design View, Anda akan melihat bahwa kontrol ditampilkan pada layout yang tidak terlihat sama seperti penyajian Datasheet. Ini karena Datasheet View menggunakan penyajian built-in khusus, dan Design View menampilkan layout yang menampilkan field yang akan dimasukkan pada Datasheet View, bukan penyajian Datasheet yang sebenarnya. Anda juga akan melihat bahwa properti form Allow Form View diset menjadi No, untuk mencegah form ini dipindah ke Form View.

Artikel terkait:
Advertisement