Cara Membuat Check Box, Option Button, Dan Toggle Button Di Access 2013


Jika Anda memiliki field Yes/No pada tabel, Anda bisa menggunakan Check Box, Option Button, Dan Toggle Button untuk menampilkan dan mengubah nilai pada field tersebut. Jika Anda drag/tarik field Yes/No dari panel Field List, akan ditampilkan secara default dengan Check Box.

Cara membuat Option Button dan Toggle Button:

  1. Dengan form terbuka pada Design View, pada Ribbon Form Design Tools, klik tab Design.
  2. Klik Add Existing Fields.
  3. Klik Options Button pada toolbox Controls.
  4. Klik field Yes/No pada panel Field List.
  5. Drag/tarik field ke dalam form.
  6. Klik Toggle Button.
  7. Klik field Yes/No pada panel Field List.
  8. Drag/tarik field ke dalam form. Untuk seleksi tunggal yang terikat (Bound), Check Box atau Option Button berfungsi lebih baik daripada Toggle Button. Ketika dikombinasikan dengan pemrograman Macro, satu Toggle Button bisa menghasilkan efek yang bagus untuk mengubah caption pada tombol.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin menambahkan kontrol yang tidak terikat (unbound), Anda bisa drag/tarik kontrol secara langsung ke dalam form. Untuk Option Button, Check Box, atau Toggle Button yang Unbound, Anda mungkin perlu menambahkan kode pemrograman Macro untuk membuat kontrol beroperasi.
  • Jika Anda klik-kanan kontrol dan memilih Change To pada menu shortcut, Anda bisa memilih Option Button, Toggle Button, atau Check Box. Proses ini disebut Control Morphing.

Artikel terkait:
Advertisement