Cara Memadatkan Dan Mereparasi Database Menggunakan Compact & Repair Di Access 2013

Advertisement
Selama data Anda mengalami perubahan dalam kurun waktu tertentu, seperti dihapus atau diupdate, posisi data pada penyimpanan fisik akan semakin tidak efisien. Ketika objek dibuat dan dihapus, database juga akan semakin besar ukurannya. Memadatkan database akan mengurangi ukuran file dan membuat database beroperasi lebih cepat. Proses reparasi juga akan membenahi banyak masalah pada konsistensi data atau index di dalam database.

Sebelum Anda bisa memadatkan database atau mereparasi database yang di share, Anda harus memastikan tidak ada orang lain yang sedang menggunakannya.

Cara memadatkan dan mereparasi database menggunakan Compact & Repair:

  1. Buka database Anda, klik tab File.
  2. Klik Compact & Repair. Database akan dipadatkan dan direparasi, dan database akan dibuka kembali ketika proses sudah selesai.
  3. Drag/tarik database Anda ke desktop untuk membuat shortcut.
  4. Klik-kanan shortcut tersebut, pilih Properties, lalu edit target dengan memasukkan spasi diikuti dengan /Compact.
  5. Klik OK. Ini akan membuat shortcut yang jika Anda klik akan melakukan Compact & Repair.
Tips & Trik:
  • Cara lain untuk membuat shortcut: klik untuk memilih database, klik-kanan-tahan mouse, drag/tarik ke desktop (atau lokasi lain), lepaskan klik kanan mouse dan pilih Create Shortcuts Here.
  • Anda bisa menggunakan submenu Options pada tab File lalu memilih Current Database. Disana ada opsi Compact On Close yang akan secara otomatis memadatkan dan mereparasi database setiap kali database ditutup.

Artikel terkait:
Advertisement