Mengenali Jendela Program Excel 2013

Advertisement
Worksheet Excel adalah seperti sebuah buku besar. Halaman terbagi atas baris dan kolom, dan Anda bisa mengorganisir data Anda dengan menggunakan pembagian alami ini sebagai panduan. Kotak yang terbentuk oleh persimpangan baris dan kolom disebut dengan cell. Anda bisa mengenali tiap cell berdasarkan huruf pada kolom dan angka pada barisnya. Kombinasi ini, akan mengenali cell pertama pada kolom pertama sebagai cell A1, yang disebut referensi cell. Gambar berikut ini akan menjelaskan interface Excel 2013:


Menggunakan user interface.

Excel 2013 menggunakan user interface berupa Ribbon. Anda bisa mencari apa yang Anda butuhkan hanya pada satu tempat saja, yaitu Ribbon yang ada di bagian atas layar.

Menggunakan galeri.

Setelah Anda memasukkan data ke Worksheet, Anda bisa mengubah tampilan data dan objek didalam Worksheet dengan menggunakan galeri yang ditampilkan pada user interface. Ribbon memiliki tiga tipe galeri: galeri yang muncul pada kotak dialog, galeri yang muncul pada menu drop-down ketika Anda klik pada sebuah item, dan galeri yang ada pada user interface itu sendiri. Gambar berikut menunjukkan galeri yang ada di Excel 2013:

Excel 2013 memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana format tersebut akan digunakan sebelum Anda benar-benar mengaplikasikannya. Daripada Anda harus langsung mengaplikasikannya lalu kemudian menghapusnya jika Anda tidak suka dengan perubahan fomatnya, ketika Anda layangkan kursor mouse diatas style pada galeri, Excel 2013 akan membuat sebuah preview bagaimana data atau objek Anda akan ditampilkan jika Anda menggunakan style tersebut. Cukup layangkan kursor mouse saja, jika suka, aplikasikan, jika tidak, cari style yang lainnya, tanpa harus ribet berganti-ganti format style.

Tips & Trik:
Jika posisi kursor mouse Anda diatas icon pada galeri tidak menampilkan preview, mungkin opsi tersebut dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan Live Preview, klik tab File, lalu klik Options untuk menampilkan kotak dialog Excel Options. Klik General, pilih check box Enable Live Preview, lalu klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement