Cara Mengatur Task Mode Project 2013

Advertisement
Modus penjadwalan (Schedule Mode) atau bisa juga disebut Task Mode, menentukan bagaimana mesin penjadwalan di Project 2013 akan menjadwalkan sebuah Task. Untuk setiap Task, modus penjadwalan bisa berupa Manually Scheduled atau Auto Scheduled.

Manually Scheduled.

Ketika sebuah Task dijadwalkan secara manual (ini adalah pengaturan defaultnya), Anda memiliki kendali penuh atau Duration, Start Date, dan Finish Date sebuah Task. Selama tahap perencanaan suatu project, Duration, Start Date dan Finish Date bisa dikosongi atau mungkin berisi informasi tekstual. Ketika Duration, Start Date, dan Finish Date Task berubah pada Task pendahulunya, Task dengan Manually Scheduled tidak akan dijadwal ulang sehubungan dengan perubahan itu. Anda bisa menggunakan Manually Scheduled untuk perencanaan awal project.

Auto Scheduled.

Task yang menggunakan Auto Scheduled akan selalu memiliki Duration, Start Date, dan Finish Date, dan karena Duration, Start Date, dan Finish Date berubah pada Task pendahulunya, Task dengan Auto Scheduled akan dijadwal ulang untuk merefleksikan perubahan ini.

Anda bisa mengubah cara penjadwalan pada tiap Task setiap waktu, dan harus unik untuk tiap Task-nya. Dan ingat, bahwa Task dengan Manually Scheduled bisa memiliki informasi yang belum lengkap pada Start, Finish, atau Duration. Jika modus penjadwalan diubah dari Manually Scheduled ke Auto Scheduled, Project akan melengkapi field ini. Kedua modus penjadwalan ini memungkinkan untuk digunakan didalam project yang sama.

Cara menentukan Task Mode default untuk sebuah project:

  1. Pada tab Task, klik daftar drop-down Mode.
  2. Pilih modus penjadwalan untuk Task baru.

Cara beralih Task Mode untuk Task individu:

  1. Pada tab Task, klik tombol Gantt Chart untuk memilih Gant Chart View. View ini berisi kolom Task Mode.
  2. Pilih Task Mode dari daftar drop-down untuk Task.
  3. Hover/layangkan kursor mouse diatas icon Task Mode untuk melakukan review Task Mode.
  4. Klik daftar drop-down Task Mode untuk mengubah Task kembali ke Manually Scheduled.
Tips & Trik:
  • Mengubah Task Mode dari Manually Scheduled ke Auto Scheduled bisa mengubah tanggal Task dan bisa mempengaruhi Task lain di dalam project.
  • Anda bisa mengatur Task Mode default untuk digunakan oleh semua project baru di dalam opsi Schedule. Untuk mengakses opsi Schedule, klik File > Options > Schedule.
  • Task Mode untuk Task baru ditampilkan pada Status Bar dan bisa diubah dengan cara klik pada Task Mode tersebut.

Artikel terkait:
Advertisement