Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 8


Komputer Anda menggunakan zona waktu yang telah diatur oleh Windows untuk menampilkan jam pada Taskbar Desktop Windows, mengatur kalender aplikasi, menjalankan perawatan sistem, dan masih banyak lagi. Zona waktu yang Anda pilih otomatis mengatur format tanggal dan waktu yang benar. Jika lokasi Anda tidak menggunakan Daylight Savings Time, Anda bisa menonaktifkan pengaturan otomatisnya.

Anda mungkin sudah mengatur zona waktu ketika pertama kali menginstall Windows 8. Namun, karena komputer sekarang tidak menetap hanya pada satu tempat saja (sering dibawa bepergian, rekreasi ke luar negeri, berbisnis ke luar kota atau berpindah rumah ke kota yang memiliki zona waktu yang berbeda), mengetahui cara mengubah zona waktu pada komputer Anda merupakan hal sederhana yang tidak boleh dilupakan.

Cara mengatur Time Zone:

  1. Tekan tombol keyboard [WINDOWS + C].
  2. Klik Settings.
  3. Klik link/tautan Change PC Settings.
  4. Klik General.
  5. Klik field Time Zone untuk menampilkan daftar opsi yang tersedia.
  6. Pilih dan Klik salah satu Time Zone untuk menggunakannya.

Cara mengatur Daylight Saving Time:

  1. Dalam keadaan jendela PC Settings ditampilkan, ketuk atau klik General.
  2. Klik pada slider Adjust Clock for Daylight Saving Time Automatically.
Tips & Trik:
  • Anda bisa menggunakan pengaturan yang ada di Control Panel untuk mengatur secara manual tanggal dan waktu. Jika Anda sedang bepergian dan tidak yakin sedang berada di zona waktu mana Anda berada, Anda bisa menggunakan opsi manual ini untuk memasukkan tanggal dan waktu yang Anda ketahui.
  • Windows memungkinkan Anda untuk menambahkan jam untuk zona waktu yang berbeda. Lihat di pengaturan Add Clocks For Different Time Zones yang ada di bagian Clock, Language, And Region di Control Panel.

Artikel terkait:
Advertisement