Cara Mengaktifkan Firewall Windows 8


Windows Firewall adalah fitur yang memeriksa informasi yang dikirim dan diterima melalui internet atau jaringan komputer ke komputer Anda. Firewall kemudian mengizinkan atau menolak akses tergantung dengan pengaturan yang sudah Anda tentukan. Windows Firewall sangat direkomendasikan untuk selalu diaktifkan. Meskipun demikian, Firewall bukanlah pengganti dari program anti virus atau anti spyware, karena yang mengancam komputer Anda bukan hanya melalui intenet atau jaringan.

Cara mengaktifkan Windows Firewall:

  1. Dari Start Screen, mulai ketikkan "Control Panel" tanpa tanda-kutip.
  2. Ketika hasil pencarian menampilkan App Control Panel, Klik untuk membukanya.
  3. Klik System And Security.
  4. Klik Windows Firewall.
  5. Klik Turn Windows Firewall On Or Off.
  6. Pilih opsi Turn On Windows Firewall pada Private Network atau Public Network, atau aktifkan kedua-duanya jika Anda sering Log On ke hotspot publik.
  7. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin keamanan ekstra, pada kotak dialog Windows Firewall Customize Settings, dibawah pengaturan Private Network, Anda bisa memilih check box Block All Incoming Connections, yang berarti akan memblokir semua koneksi masuk bahkan jika koneksi tersebut ternyata aman.
  • Secara default, Windows mengeluarkan notifikasi ketika Firewall memblokir sebuah program, Anda bisa menonaktifkan notifikasi ini jika tidak diperlukan.

Artikel terkait:
Advertisement