Cara Mendesain Dengan Menggunakan Summary View Di Access 2013

Advertisement
Summary View memungkinkan Anda untuk merangkum data dengan cara menghitung jumlah atau rata-ratanya. Anda harus memilih tabel atau query dengan field yang berupa angka sebelum Anda bisa menggunakan fitur dari View ini.

Field Record Source (dimana View mendapatkan datanya) memungkinkan Anda untuk memilih dari tabel atau query yang berisi tabel. Jika Anda telah membuat tabel dengan menggunakan template, Anda mungkin sudah bisa melihat contoh dari Summary View, yang ditampilkan sebagai View ketiga yang tersedia pada beberapa tabel. Ketika Anda membuat tabel Anda sendiri, Web App akan secara otomatis membuat List View dan Datasheet View.

Cara membuat Summary View:

  1. Cari objek di Table Selector.
  2. Klik tanda plus.
  3. Masukkan nama View, pilih Summary sebagai View Type, lalu pilih Record Source.
  4. Klik Add New View.
  5. Ketika View baru ditampilkan, klik Edit.
  6. Klik daftar control yang ditampilkan di sisi kiri.
  7. Klik Charm Data disebelah daftar control.
  8. Pada jendela pop-up Data, pilih field Group By, masukkan Calculation Header, pilih Calculation Field, dan Calculation Type.
  9. Tutup jendela pop-up Data.
  10. Klik area rincian di sisi kanan.
  11. Klik Charm Data disebelah area rincian.
  12. Definisikan field yang akan dirangkum/diringkas.
  13. Ketika menampilkan Summary View di browser, klik tiap record di daftar control pada sisi kiri untuk melihat rinciannya.
Tips & Trik:
Setelah Anda menutup jendela pop-up Data, Anda akan melihat opsi field dan rangkuman ditampilkan pada daftar control, tapi di bagian rincian di sisi kanan, Anda tidak akan melihat informasi apapun. Anda mungkin jadi tidak yakin apakah Anda sudah mendefinisikan dengan benar pada bagian rincian, untuk mengeceknya, Anda harus menampilkan ulang jendela pop-up Data.

Artikel terkait:
Advertisement