Cara Mendesain Dengan Menggunakan List Details View Di Access 2013

Advertisement
View di Web App adalah mirip dengan sebuah form pada database desktop. Ada empat tipe View: List Details, Datasheet, Summary, dan Blank. List Details View merupakan fitur yang sangat bermanfaat. Dalam bentuk sederhananya, memiliki tabulasi vertikal record yang tersedia di sisi kiri dari View, dan ketika sebuah record dipilih, detil record ditampilkan di sisi kanan View.

Kemampuan layout View ini, ketika Anda menghapus, menambah, atau memindahkan field, layout akan otomatis memindahkan field lainnya untuk mengakomodasi posisi dari field baru tersebut, proses yang lebih sederhana daripada harus mengubah View. Field Record Source memungkinkan Anda untuk memilih tabel atau query yang berisi tabel.

Cara membuat List Details View:

  1. Cari objek di dalam Table Selector.
  2. Klik tanda plus.
  3. Masukkan nama View, pilih List Details sebagai View Type, lalu pilih Record Source.
  4. Klik Add New View.
  5. Ketika View baru sudah ditampilkan, klik Edit.

Cara menghapus field:

  1. Klik sebuah field.
  2. Tekan-tahan tombol [CTRL] untuk memilih banyak field dan label sekaligus. Tekan tombol [DELETE] untuk menghapus field.
  3. Pilih sembarang field untuk diubah posisinya, lalu drag/tarik field tersebut untuk menutup ruang putih.

Cara menambah field:

  1. Pilih sebuah field dari Field List yang ada di sisi kanan.
  2. Drag/tarik field ke posisi baru pada area yang ditampilkan.
  3. Ketika Anda memindahkan/menggerakkan diatas field lain, mereka akan membuat ruang kosong yang bisa digunakan untuk menempatkan control baru tersebut.
Tips & Trik:
  • Pada bagian bawah View, Anda mungkin memiliki item control lain yang berkaitan. Untuk mengubah ukuran control, klik untuk memilihnya, lalu Anda bisa mengambil sisi atas control dan mengubahnya.
  • Dengan menggunakan tombol [CTRL] Anda bisa memilih banyak control dan memindahkannya ke sepanjang layout. Setelah memilih control, gerakkan mouse di sepanjang area sampai tanda silang ditampilkan, lalu klik tombol mouse sebelah kiri, dan drag/tarik control ke posisi baru. Ketika Anda menggerakkan control ke sekeliling, control lain akan berubah posisi, membuka sebuah celah dimana Anda bisa memposisikan control baru tersebut.
  • Meskipun Anda bisa memilih banyak field sekaligus di Field List, ketika Anda menambahkan field dengan cara drag/tarik dengan mouse, hanya field pertama saja yang akan ditambahkan.

Artikel terkait:
Advertisement