Cara Mendesain Dengan Menggunakan Datasheet View Di Access 2013

Advertisement
Datasheet View adalah View yang paling sederhana untuk dibuat. View ini mentabulasi data dan menampilkan field Anda sebagai kolom. Meskipun sangat sederhana, ketika dikombinasikan dengan kemampuan untuk memfilter data, menyortir data, dan menyusun ulang kolom, menjadi metode yang paling hebat untuk dengan cepat menyajikan data Anda dalam bentuk tabulasi.

Pada List Details View, sebelum Anda bisa mengedit data, Anda harus menggunakan Action Bar untuk menempatkan record ke modus edit. Namun, Di Datasheet View, Anda bisa mengedit data tanpa harus melakukan hal tersebut dan berpindah ke record lainnya untuk melanjutkan proses editing, dan secara otomatis akan menyimpan perubahan yang dilakukan pada baris sebelumnya. Ini adalah fitur Datasheet Web App yang sangat unik.

Properti Record Source (dimana View mendapatkan datanya) memungkinkan Anda untuk memilih dari tabel atau dari query yang berisi tabel.

Cara membuat Datasheet View:

  1. Cari tabel di Table Selector.
  2. Klik tanda plus.
  3. Masukkan nama View, pilih Datasheet sebagai View Type, lalu pilih Record Source.
  4. Klik Add New View.
  5. Ketika View baru sudah ditampilkan, klik Edit.

Cara memformat field:

  1. Klik sebuah field yang akan di format.
  2. Klik Charm Formatting.
  3. Ubah formatnya.
Tips & Trik:
Anda bisa menghapus field dengan menggunakan tombol [DELETE]. Anda bisa memilih banyak field sekaligus dan memindahkannya dengan menggunakan tombol [CTRL], dan menambahkan field baru dengan menggunakan Field List.

Artikel terkait:
Advertisement