Cara Memindahkan Summary Task Di Dalam Schedule Project 2013

Advertisement
Ketika Anda membuat Schedule, Task (atau grup Task) mungkin tidak ditampilkan dalam urutan yang benar dan mungkin perlu untuk dipindahkan keatas atau kebawah dalam daftar Task untuk menyesuaikan. Cara termudah untuk mengubah urutan grup Task dalam daftar adalah dengan memindahkan Summary Task, yang juga akan memindahkan semua Task di dalam hirarki.

Ketika Task dipindahkan di dalam Schedule, Outline Level-nya akan berubah untuk menyamakan dengan Outline Level Task yang sekarang berada tepat diatasnya. Karenanya, memindahkan Task dan melakukan Indent/Outdent adalah suatu pekerjaan yang selalu beriringan dan hampir tidak bisa dihindari.

Cara memindahkan Summary Task:

  1. Pada tab Task, klik tombol Gantt Chart untuk memilih Gantt Chart View.
  2. Pilih Summary Task dengan cara klik pada baris header Task.
  3. Drag/tarik Summary Task dan semua Task yang terkait dengannya ke lokasi yang diinginkan (garis abu-abu horizontal mengindikasikan posisi kursor saat itu).
  4. Lihat dan review lokasi Summary Task yang dipindahkan (dan Subtask yang terkait).
  5. Jika Task memerlukan penyesuaian dengan Outdent, klik tombol Outdent Tasks pada tab Task.
Tips & Trik:
  • Coba lakukan ini: pindahkan Task dan tempatkan pada Outline Level yang sama dengan Task yang diatasnya. Ketika memindahkan Summary Task, Collapse/tutup Summary Task untuk menyembunyikan Subtask lalu pindahkan Summary Task. Tidak hanya akan mengurangi pekerjaan Indent dan Outdent, tapi cara itu juga akan mengurangi sejumlah Task yang Anda lihat di layar, membuat Anda lebih terkonsentrasi pada Summary Task dan mengurangi melakukan scroll/menggulung layar lebih banyak.
  • Cut dan Paste juga merupakan metode efektif untuk merelokasi Task. Untuk melakukan Paste Task ke lokasi yang diinginkan, klik Task yang dibawahnya akan dimasukkan Task yang akan di Paste, lalu klik Paste. Tidak perlu membuat baris baru untuk melakukan Paste Task.

Artikel terkait:
Advertisement