Cara Indent Task Di Project 2013

Advertisement
Ketika sebuah Task dimasukkan ke dalam Schedule, akan diletakkan dengan posisi level hirarki yang sama dengan Task diatasnya. Ketika Anda membangun WBS (Work Breakdown Structure), Anda mungkin memerlukan untuk melakukan Indent sebuah Task sehingga menjadi Subtask dari Task yang berada diatasnya, dan akan menjadi Summary Task. Level spesifik dari Task disebut dengan Outline Level. Dan Task bisa dibuat Indent, yang berarti mengubah levelnya.

Efek melakukan Indent pada sebuah Task:

  • Task (Auto Scheduled): Task akan menjadi Summary Task dan Task Mode tetap Auto Scheduled. Start Date dan Finish Date otomatis dihitung dari Start Date awal dan Finish Date terakhir dari Subtask. Duration otomatis dihitung sebagai selisih dari dua tanggal tersebut (Start Date dan Finish Date).
  • Task (Manually Scheduled tanpa Duration): Task akan menjadi Summary Task dan Task Mode berubah menjadi Auto Scheduled. Start Date dan Finish Date otomatis dihitung dari Start Date awal dan Finish Date terakhir dari Subtask. Duration otomatis dihitung sebagai selisih dari dua tanggal tersebut (Start Date dan Finish Date).
  • Task (Manually Scheduled dengan Duration): Task akan menjadi Summary Task dan Task Mode tetap Manually Scheduled. Jika Start Date dan Finish Date-nya ada, maka tidak berubah. Jika kosong, maka akan dihitung dari Start Date-nya project.

Cara melakukan Indent pada Task:

  1. Pada tab Task, klik tombol Gantt Chart untuk memilih Gantt Chart View.
  2. Klik baris header Task untuk memilih Task yang akan dibuat Indent.
  3. Pada tab Task, klik tombol Indent Task.
  4. Lihat Task yang sudah dibuat Indent.
Tips & Trik:
  • Untuk melihat Outline Level Task, masukkan kolom Outline Level ke dalam tabel. Level tertinggi adalah 0 (merepresentasikan Project Summary Task) dan nomor level adalah tanpa batas. Semakin banyak level yang dibuat, semakin kompleks pula WBS (Work Breakdown Structure) tersebut.
  • Untuk melakukan Indent dengan cepat, gunakan tombol keyboard [ALT + SHIFT + Tanda-Panah-Kanan]

Artikel terkait:
Advertisement