Cara Menyimpan Site Sebagai Template Di SharePoint 2013

Advertisement
Setelah Anda membuat sebuah Site dan telah mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda, Anda mungkin menginginkan untuk menggunakannya sebagai template untuk Site lain yang akan Anda buat lagi. Dengan menyimpan Site sebagai template, Anda bisa mengembangkan Site lainnya (yang mirip) lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi membuat dan mengaturnya dari awal secara manual.

Ketika Anda menyimpan Site sebagai template, Tiap Lists, libraries, atau objek lainya yang telah Anda tambahkan juga otomatis tersimpan. Anda juga memiliki opsi untuk menyimpan beberapa konten bersamaan dengan template.

Cara menyimpan Site menjadi template:

  1. Di halaman Home Site Anda, klik tombol Settings (icon Gear kecil di sebelah nama user yang login). Pada menu yang muncul, klik Site Settings.
  2. Di halaman Site Settings, di bagian Site Actions, klik link/tautan Save Site As Template.
  3. Di halaman Save As Template, ketikkan nama yang akan Anda jadikan sebagai nama template.
  4. Masukkan nama template dan deskripsi untuk template tersebut pada kotak isian Template Name dan Template Description.
  5. Jika Anda juga ingin menyimpan semua konten yang ada di Lists dan Document Libraries Site Anda kedalam template, pilih cek bok Include Content.
  6. Klik OK untuk menyimpan template.
  7. Di halaman Operation Completed Successfully, klik OK.
Tips & Trik:
  • Anda bisa membuat Site menggunakan template yang telah Anda simpan. Template ini bisa ditemukan di bagian Custom ketika Anda memilih template dalam proses pembuatan Site.
  • Opsi ini hanya tersedia jika Publishing Features masih belum diaktifkan pada Site Anda.

Artikel terkait:
Advertisement