Tutorial Belajar Windows 8

Advertisement

Untuk artikel mengenai tips, trik, dan hack windows 8 bisa dilihat disini: Tips, Trik, Dan Hack Windows 8

Tutorial Belajar Windows 8
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Windows 8 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Mengenali tampilan Windows 8:


Hal baru yang ada di Windows 8 adalah tentang interfacenya. Interface utamanya adalah Start Screen sederhana dan bersih. Anda tidak akan menemui menu Start yang biasanya Anda gunakan membuka program dan pengaturan, Anda hanya memiliki sekumpulan Tile pada layar. Klik pada sebuah Tile, dan sebuah aplikasi (sekarang disebut app) akan terbuka.

Untuk mencari app yang tidak ada pada Tile di Start Screen, gunakan fitur pencarian baru; ketikkan nama dari app, file, atau pengaturan pada Start Screen; dan index dari konten tersebut akan ditampilkan.

Untuk mempertahankan agar Start Screen tetap rapi, beberapa tool berguna (Charm) disembunyikan hingga Anda mengaktifkannya. Gunakan Charm ini untuk melihat pengaturan umum, berbagi konten, mencari sesuatu, dan lainnya.

Selain Start Screen, ada juga Desktop. Ini lebih mirip dengan Desktop di Windows versi sebelumnya, tapi tanpa menu Start. Desktop menyediakan shortcut ke file dan app, dan Taskbar menampilkan program dan pengaturan yang sering digunakan. Anda juga bisa mengakses Charm dari desktop.

Pada bagian ini, Anda akan lebih familier dan mengenal lebih jauh mengenai kedua interface Windows 8. Berikut ini artikel-artikel yang membahas tampilan Windows 8:

Aneka opsi input:


Secara tradisional, pengguna komputer menggunakan mouse dan keyboard untuk melakukan input. Di Windows 8, satu cara input yang sangat menarik telah ditambahkan: dengan menggunakan jari Anda. Jika Anda memiliki komputer touchscreen atau tablet, Anda bisa menggunakan jari untuk mengetik pada onscreen keyboard.

Pada bagian ini terdapat informasi mengenai tiga cara input dan bagaimana menggunakannya untuk mengontrol berbagai interaksi dengan komputer Anda. Berikut ini artikel-artikel yang menjelaskan aneka opsi input:

Pengaturan dasar:


Pengaturan Windows 8 menyediakan tool untuk mengelola pengalaman Windows Anda. Anda bisa mengakses pengaturan ini dengan dua cara: melalui Charm Settings atau melalui Control Panel. Charm Settings memberikan akses ke pengaturan umum yang sering digunakan. Jika Anda ingin lebih jauh ke pengaturan lebih lanjut, Anda bisa menggunakan Control Panel.

Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana mengubah beberapa pengaturan umum yang sering digunakan di Windows 8. Berikut ini artikel-artikel yang menjelaskan pengaturan dasar Windows 8:

Memodifikasi tampilan:


Kemampuan untuk menyesuaikan tampilan Windows memungkinkan Anda untuk mengatur komputer sesuai dengan pribadi Anda dan memungkinkan Anda untuk mengelola tool serta aplikasi yang sering Anda gunakan sehingga Anda bisa mencarinya dengan mudah.

Anda bisa mengubah Start Screen dengan mengontrol aplikasi apa yang ditampilkan disana dan ukuran dari masing-masing Tile, begitu juga mengubah pola background dan warna layar. Anda juga bisa mengatur layar Lock Screen dengan mengubah background gambarnya dan notifikasi yang ditampilkan.

Seperti halnya Windows versi sebelumnya, Anda bisa menggunakan Control Panel untuk mengubah tampilan desktop, termasuk background, skema warna, dan resolusi layar komputer Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengubah tampilan Windows 8:

User dan privasi


Melalui koneksi internet, komputer Anda sangat rentan terhadap berbagai bentuk penyalahgunaan, termasuk mengunduh Malware seperti virus dan resiko dari sebuah website dan program yang bisa mengakses informasi dan lokasi pribadi Anda.

Windows 8 telah memiliki beberapa perlindungan built-in untuk melawan ancaman-ancaman ini yang bisa dengan mudah Anda atur. Windows Firewall menghentikan file untuk diunduh ke komputer tanpa sepengetahuan Anda. Windows Defender adalah fitur yang melindungi terhadap bahaya Spyware dan Malware, termasuk juga program yang mengawasi aktivitas atau merusak data Anda.

Untuk menjaga informasi pribadi, Anda bisa membuat beberapa akun pada komputer Anda. Setiap user bisa menyimpan pengaturan dan konten tertentu. Setuap user juga bisa memiliki gambar unik, password, dan bahkan PIN, yang membantunya Log On ke komputer Anda dengan cepat dan mudah. Anda bisa mengelola pengaturan akun user untuk meningkatkan keamanan komputer Anda dan mengatur Account Control Settings untuk memperingatkan kepada Anda ketika ada user lain yang berusaha untuk menginstall program pada komputer Anda atau mengubah pengaturan Windows. Anda juga bisa menggunakan Family Safety untuk mengelola konten apa saya yang bisa diakses pengguna yang masih muda, misalnya anak-anak Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang akan memandu Anda mengatur user dan privasi:

Pengaturan aksesbilitas:


Anda bisa menggunakan mouse, keyboard, atau jari-jari Anda pada touchscreen untuk melakukan input pada komputer. Untuk memudahkan input jika Anda memiliki masalah pendengaran, penglihatan atau kecekatan tangan, Anda bisa menggunakan pengaturan aksesbilitas yang ada di Windows 8.

Misalnya, jika Anda memiliki masalah pendengaran, Anda bisa mengatur volume sistem. Jika Anda memiliki masalah penglihatan, Anda bisa mengatur kontras layar dan memperbesar tampilannya, sehingga semua item ditampilkan menjadi lebih besar.

Jika kecekatan tangan adalah masalahnya, Anda bisa mencoba dua fitur yang ada. Pertama adalah Caret Browsing yang merupakan pengaturan yang dengannya Anda bisa mengunakan keyboard untuk melakukan navigasi sebuah halaman web. Jika Anda menginginkan untuk tidak menggunakan tangan sama sekali, Anda juga bisa menggunakan Speech Recognition, yang bisa digunakan untuk mengintruksikan komputer Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatur aksesbilitas:

Pencarian:


Fitur Integrated Search di Windows 8 adalah salah satu fitur baru yang terbaik. Integrated artinya kemampuan Windows 8 untuk mencari bukan hanya pada komputer Anda tapi juga akan melakukan pencarian di internet. Mencari apa yang Anda butuhkan sangatlah sederhana karena Anda cukup mengetikkan kata/frasa pencarian pada Start Screen. Windows 8 kemudian akan membuka layar Search dengan menampilkan hasil dan tool bisa yang membantu Anda mempersempit pencarian Anda.

Menggunakan teknik ini, Anda tidak hanya bisa mencari file yang ada pada komputer Anda saja: Anda juga bisa mencari pengaturan dan administrasi Windows, email, foto, musik, dan lainnya.

Windows 8 juga memiliki pengaturan untuk membatasi hasil pencarian menjadi kategori tertentu, memberikan Anda kendali penuh atas apa yang dihasilkan dalam pencarian.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan pencarian dan mengatur bagaimana pencarian bekerja di Windows 8:

Menggunakan App:


App adalah aplikasi komputer yang sangat modular dan mudah disesuaikan. Start Screen Windows 8 menampilkan beberapa aplikasi pre-instal, seperti Calendar, Music, Weather, Internet Explorer, dan Xbox LIVE Games. Selain aplikasi yang ditampilkan pada Start Screen secara default, ada juga aplikasi pre-install lainnya seperti Paint, Wordpad, dan Sticky Notes. Anda juga bisa menginstall aplikasi desktop seperti Microsoft Excel.

WordPad, lebih mirip dengan aplikasi desktop, seperti Microsoft Word atau Excel, yang memiliki kombinasi menu dan Ribbon, dan Anda bisa memasukkan, memformat, dan mengedit teks atau objek. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan WordPad dan beberapa fitur aplikasi lainnya, termasuk bagaimana membuka aplikasi, memformat teks, memasukkan objek, mencetak, menyimpan file, menutup, dan menghapus aplikasi.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan aplikasi di Windows 8:

Manajemen file:


Windows 8 mengatur file-file Anda ke dalam folder dan Library. Ada Library bawaan seperti Pictures dan Documents, tapi Anda juga bisa menambahkannya sendiri. Di dalam Library ini ada folder yang berisi file-file.

Berikut ini artikel-artikel yang menjelaskan bagaimana mengelola file-file Anda:

Sharing:


Anda bisa melakukan sinkronisasi perangkat Windows 8 Anda dengan perangkat lain yang juga berbasis Windows 8. Ini biasanya dilakukan untuk saling berbagi/share berbagai pengaturan seperti: personalisasi fitur Ease Of Access desktop Anda, mengakses aplikasi yang Anda beli dari Microsoft, kredensial Sign-In untuk beberapa situs, dan pengaturan beberapa aplikasi. Sinkronisasi membutuhkan komputer yang Log On dengan menggunakan Microsoft Live ID, bukan akun lokal.

Windows 8 juga memungkinkan Anda untuk melakukan sharing file dengan menggunakan Microsoft SkyDrive. Dengan menggunakan SkyDrive, Anda bisa membuat semua konten komputer Anda tersedia ketika Anda Log On secara aman dari komputer lain.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatur sharing:

Internet Explorer 10:


Internet Explorer adalah web browsernya Microsoft. Anda bisa menggunakan browser untuk menjelalahi internet, yang berisi milyaran konten yang bermanfaat.

Windows 8 telah menyertakan Tile Internet Explorer 10 pada Start Screen. Internet Explorer 10 ini sudah dioptimasikan untuk interface Windows 8, termasuk kemampuan untuk menggunakannya dengan touchscreen. Anda bisa menampilkan banyak konten sekaligus pada layar tanpa harus memenuhi layar dengan toolbar dan menu. Pada bagian ini, Anda akan mengetahui berbagai fitur dari Internet Explorer 10.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan Internet Explorer 10 di Windows 8:

App Mail dan Messaging:


Email adalah salah satu alat penting agar tetap terhubung dengan banyak orang. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana membuat akun email lalu bagaimana menggunakan Hotmail untuk membaca, membalas, dan meneruskan pesan. Anda akan lebih jauh mengetahui bagaimana mengelola pesan dalam folder dan menangani lampiran pesan.

Selain itu, pada bagian ini Anda akan dikenalkan dengan aplikasi Messaging. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menerima dan mengirim Instant Message (IM) ke nomor telepon atau akun email orang lain. Instant Messaging atau IM merupakan alat komunikasi yang lebih cepat daripada email karena terhubung dengan orang lain secara real-time.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan App Mail dan Messaging:

Membeli App:


Windows Store adalah sebuah koleksi aplikasi gratis dan berbayar. Jika Anda ingin mencoba-coba menggambar di komputer Anda, Anda mungkin bisa membeli aplikasi yang tidak begitu mahal daripada harus membeli software desain yang lebih kompleks. Dan jika Anda menyukai permainan, Anda akan menyukai semua aplikasi permainan yang ada di Windows Store ini.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana mencari aplikasi yang Anda butuhkan, baik dengan menggunakan fitur Integrated Search atau dengan browsing melalui kategori yang ada di Windows Store. Setelah Anda menemukan aplikasi yang Anda inginkan, Anda bisa mengunduh aplikasi yang gratis atau membeli yang berbayar. Anda juga akan mempelajari bagaimana mencari review aplikasi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan aplikasi yang terbaik untuk Anda, dan tentu Anda juga bisa menambahkan rating dan review Anda sendiri dalam menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu orang lain menentukan seberapa bagus aplikasi aplikasi tersebut.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana membeli App di Windows 8:

App People, Calendar, dan Weather:


Agar tetap terhubung dan tetap berkomunikasi dengan kontak, Windows 8 menyediakan aplikasi People. Setelah Anda memasukkan informasi mengenai seseorang pada aplikasi People, Anda bisa mengirim pesan dengan menggunakan aplikasi Messaging, email, atau Facebook, dan Anda bisa mencari pada peta lokasi orang tersebut dengan menggunakan Bing Map.

Anda bisa menggunakan aplikasi Calendar untuk membuat event dan megatur pengingat/reminder untuk event tersebut jika Anda menginginkannya. Anda juga bisa mengirim ajakan ke setiap event melalui email dari dalam aplikasi Calendar.

Jika Anda ingin mengetahui cuaca hari ini atau yang akan datang, gunakan aplikasi Weather untuk melihat data cuaca regional, nasional, dan bahkan internasional.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan App People, Calendar, dan Weather:

App Maps:


Dengan menggunakan aplikasi Maps, Anda bisa mengetahui dengan tepat lokasi perangkat komputer Anda; mendapatkan petunjuk arah dari poin A ke poin B; mendapatkan tampilkan dunia dari atas; dan mengetahui bagaimana menghindari kemacetan lalu lintas. Kemampuan Zoom In dan Zoom Out pada peta sangat berguna untuk melihat informasi yang lebih detil. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi tentang bisnis dan objek, atau berpindah ke hasil pencarian online atau situs terkait untuk mencari informasi lebih jauh.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan App Maps:

App Photos, Camera, dan Video:


Dulu, komputer hanya berupa kata dan angka. Hari ini, gambar, foto, dan video adalah sesuatu yang seakan wajib ada ketika ingin memberikan informasi.

Tiga aplikasi pre-install di Windows 8 akan membantu Anda mengelola foto, membeli dan memainkan video. Jika komputer Anda memiliki webcam yang memiliki kemampuan mengambil gambar dan video, Anda bisa merekam video Anda sendiri dan tentu saja memutarnya untuk melihat hasilnya. Aplikasi Pictures, Videos, dan Camera sangatlah sederhana dan mudah digunakan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan App Photos, Camera, dan Video:

Musik:


Di Windows 8, Anda memiliki dua cara untuk memutar dan mengelola musik: menggunakan aplikasi Music dan Windows Media Player. Keduanya bisa Anda gunakan untuk memutar musik, namun mereka memiliki kelebihan tersendiri.

Aplikasi Music cocok digunakan untuk mencari dan membeli musik, dan juga menyortir musik ke dalam kategori berbeda. Layar pembuka aplikasi ini menghadirkan Spotlight, Collection, dan Music Marketplace. Anda bisa menggunakan aplikasi Music untuk membeli musik dari Zune Marketplace, toko musiknya Microsoft, menggunakan poin yang Anda beli.

Windows Media Player, menjadikan pengelolaan musik dan membuat Playlists lebih mudah, dan tentu dengan interface dan tool yang lebih familier.

Apapun aplikasi yang Anda gunakan, Anda tetap bisa menikmati semua musik favorit Anda dan menemukan musik-musik baru yang akan memenuhi Library Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola musik di komputer Anda:

Perangkat dan jaringan:


Anda bisa menggunakan teknologi Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat lain pada jarak yang dekat, seperti keyboard atau mouse wireless. Untuk terhubung dengan komputer lain, Anda bisa membuat jaringan wireless. Perangkat yang terhubung ke jaringan Anda bisa berbagi printer, koneksi internet, dan lainnya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola perangkat dan jaringan di Windows 8:

Masalah dan perawatan:


Windows 8 memiliki beberapa fitur built-in yang dengannya Anda bisa menjaga sistem komputer tetap berjalan dalam keadaan terbaik atau untuk membantu Anda mengembalikan komputer jika mengalami masalah. Anda bisa menggunakan tool-tool ini untuk mendapatkan update sistem operasi Windows yang bisa memperbaiki celah keamanan, membersihkan bit data yang tidak terpakai pada harddisk untuk meningkatkan performa, membackup data, dan restart komputer jika komputer bermasalah.

Jika Anda tidak menguasai teknik dan merasa membutuhkan bantuan, Anda bisa mencoba menggunakan fitur Remote Assistance di Windows 8. Dengan fitur ini, Anda bisa mengajak seseorang yang menggunakan komputer lain untuk mengakses komputer Anda dan membantu menyelesaikan masalah.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan berbagai tool yang ada di PC Settings dan Control Panel untuk menjaga agar performa komputer tetap optimal.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatasi masalah dan melakukan perawatan Windows 8:

Upgrade:


Berikut ini artikel-artikel yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda akan melakukan update/upgrade ke Windows 8:

Bantuan:


Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengakses bantuan di Windows 8:

Gesture dan shortcut keyboard:


Berikut ini artikel-artikel yang menjelaskan shortcut keyboard dan touch gesture Windows 8:
Advertisement