Tutorial Belajar Microsoft Lync 2013

Advertisement
Tutorial Belajar Microsoft Lync 2013
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Microsoft Lync 2013 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Apa yang baru di Microsoft Lync 2013


Microsoft Lync 2013 merupakan platform komunikasi terpadu, platform yang dengannya Anda bisa meningkatkan cara Anda berkomunikasi dengan rekan kerja (di dalam dan di luar perusahaan), yang juga akan meningkatkan produktivitas Anda.

Lync 2013 memberikan Anda kesempatan untuk menyesuaikan lingkungan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda, dan telah dirancang untuk bisa terhubung dan berkolaborasi dari manapun, apakah itu dari kantor, rumah, atau kafe favorit Anda.

Lync juga menyediakan kemampuan untuk Sign In ke lebih dari satu perangkat dalam waktu yang bersamaan, memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer desktop, Windows Surface, Windows Phone, dan telepon yang berlabel Microsoft Lync Certified secara bersamaan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas tentang apa saja yang baru di Lync 2013:

Memulai Lync


Untuk mengambil manfaat dari fitur Lync 2013, tugas pertama Anda adalah Sign In. Dengan Lync Client, Anda bisa melihat ketersediaan kontak Anda, bercakap dengan menggunakan Instant Messaging (IM), mengirim dan menerima email, melakukan panggilan suara dan video, dan membuat konferensi (audio, video, dan web).

Menggunakan Lync sangatlah mudah karena layout dan desain yang intuitif dari Lync Client. Kemampuan dalam menyediakan informasi kontak secara detil benar-benar meningkatkan pengalaman berkomunikasi. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari proses Sign In, dan fitur-fitur dari Lync Client.

Berikut ini artikel-artikel yang akan memandu Anda bagaimana memulai menjalankan Lync:

Mengatur kontak:


Kontak merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun, sehingga kemampuan untuk mencari, menambahkan, dan mengelompokkannya merupakan kebutuhan dasar yang harus ada pada semua platform komunikasi.

Lync 2013 telah memudahkan Anda dalam mencari kontak, dan setelah Anda menemukannya, Anda akan diberikan beberapa metode untuk berkomunikasi dengan kontak tersebut. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari proses mencari kontak, menambahkannya ke grup yang Anda buat, dan menandai kontak sehingga Anda akan menerima alert/peringatan ketika kontak tersedia.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola kontak Anda di Lync 2013:

Percakapan:


Salah satu tugas pertama yang ingin Anda lakukan setelah Sign In ke Microsoft Lync 2013 adalah mencari kolega, rekan kerja, atau teman Anda untuk memulai percakapan. Dan seperti yang telah Anda ketahui, Lync 2013 menyediakan beberapa informasi seperti lokasi, status kehadiran, dan catatan, yang bisa Anda gunakan untuk mendukung aktivitas berkomunikasi Anda.

Pada bagian ini, yang dibahas adalah bagaimana melakukan percakapan dengan menggunakan Instant Messaging (IM). IM merupakan cara tercepat dan mudah untuk melakukan percakapan "tanya-jawab" sederhana, dan tentunya lebih efisien. IM lebih banyak digunakan untuk berkomunikasi secara singkat yang tidak membutuhkan tanggapan lama.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan percakapan:

Kolaborasi:


Microsoft Lync 2013 telah menyediakan beberapa tool atau alat yang membantu Anda berkomunikasi dan berkolaborasi dengan kolega dan rekan kerja Anda. Lync membuat Anda bisa bekerja dari mana saja, apakah di kantor, rumah, atau kafe favorit Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan yang efisien dan efektif, Anda tidak akan produktif.

Lync 2013 memiliki banyak cara untuk membantu Anda dan kolega Anda untuk meningkatkan produktivitas, dan yang lebih penting, bisa membuat hidup Anda lebih mudah. Salah satu tool produktif tersebut adalah kemampuan untuk membuat konferensi (audio, video, atau web) dan berbagi desktop, file, atau program; Anda bahkan bisa membuat Whiteboards dan presentasi PowerPoint dimana Anda dan rekan kerja Anda berkolaborasi.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana berkolaborasi dengan rekan kerja Anda:

Integrasi dengan Outlook:


Untuk membantu Anda lebih produktif, Microsoft telah mendesain Lync 2013 terintegrasi dengan berbagai aplikasi penting, seperti Outlook misalnya. Microsoft telah menghilangkan kebiasaan untuk berpindah antar aplikasi, sehingga meringkas dan menyederhanakan pengalaman berkomunikasi Anda.

Salah satu kunci untuk mengefisienkan komunikasi adalah dengan mengintegrasikan Lync 2013 dengan Microsoft Outlook. Anda bisa melihat status kehadiran kolega dan rekan kerja Anda dari dalam Outlook, yang tidak hanya akan menghemat waktu penting Anda, tapi juga menyediakan cara intuitif dan fungsional dimana Anda juga bisa merespon korespondensi yang tersimpan dalam Inbox Outlook Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana Lync 2013 terintegrasi dengan baik pada Outlook:

Fitur suara:


Ketika mendesain platform telepon, Microsoft tidak menjiplak apa yang sudah ada, tapi mencari hal baru, mengubah bagaimana orang-orang berkomunikasi. Dengan mendesain platform dimana pengguna individu bisa mengatur lingkungan komunikasinya sendiri, Microsoft telah mengubah dunia telepon biasa menjadi lingkungan yang intuitif dan produktif yang mendukung bagaimana Anda bekerja.

Persyaratan utama dalam sistem telepon tetaplah sama. Kebutuhan untuk melakukan panggilan, menjawab panggilan, dan menahan panggilan tidaklah berubah, yang berubah adalah 'caranya berkomunikasi' dan 'perangkat yang digunakan'. Dengan terintegrasinya fitur baru seperti pesan instan (IM) dan sharing desktop ke dalam sistem telepon dan tersedianya juga pada beberapa perangkat seperti ponsel dan komputer tablet, Lync 2013 telah meningkatkan akses ke informasi dan pengetahuan sementara Anda semakin produktif.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan fitur suara:

Mengatur telepon:


Untuk menciptakan pengalaman yang hebat dengan lingkungan telepon Anda dan membuat lebih produktif, Microsoft Lync 2013 telah memberikan Anda fleksibilitas tinggi dengan menyediakan sejumlah opsi yang berkaitan dengan tipe perangkat, nada dering, dan suara yang bisa Anda atur untuk menyesuaikan dengan preferensi Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan Lync sebagai telepon:

Voice Mail:


Voice Mail merupakan kebutuhan utama setiap sistem telepon kelas perusahaan. Fitur yang ditawarkan oleh sistem Voice Mail hanya mengalami perkembangan sangat sedikit. Kemampuan untuk mengubah pesan sambutan telah umum ditawarkan oleh sistem Voice Mail manapun. Pada waktu yang sama, kemampuan untuk mengintegrasikan dengan desktop belumlah ada, dan kalaupun ada pasti rumit dan sulit untuk digunakan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan Voice Mail:

Pertemuan (Meeting) Online:


Membuat pertemuan/meeting online adalah salah satu fitur produktif dan menghemat waktu yang ditawarkan oleh Lync 2013. Meeting online bisa membantu meningkatkan jumlah peserta yang hadir (karena tanpa harus bepergian menuju lokasi meeting), dan mereka bisa meningkatkan produktivitas baik bagi Anda sendiri maupun organisasi/perusahaan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas tentang pertemuan/meeting online:

Persistent Chat:


Persistent Chat adalah fitur baru di Microsoft Lync 2013 yang menyatukan anggota organisasi/perusahaan Anda yang tersebar untuk bekerja sama pada proyek tertentu berdasarkan kemampuannya masing-masing. Dengan membahas hanya satu topik, Persistent Chat merupakan sumber daya yang cepat dan efisien yang mendorong terjadinya kolaborasi dan partisipasi, dan tentunya juga akan meningkatkan produktivitas setiap anggotanya.

Pesan yang ada di setiap ruang chat akan tetap ada disana untuk jangka waktu tertentu yang telah Anda atur. Dan Anda bisa menentukan moderator untuk setiap ruang chat tersebut.

Menjadi anggota ruang chat memungkinkan Anda untuk memposting update. Anda juga bisa mengikuti ruang chat lain yang tersedia untuk umum sebagai non-member. Anda tidak bisa memposting update jika mengikuti ruang chat sebagai non-member, tapi Anda masih bisa memonitor proyek yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan Anda yang sedang dibahas di ruang chat tersebut.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas tentang Persistent Chat:

Mengatur opsi:


Dengan Microsoft Lync 2013, pengguna bisa mengatur bagaimana mereka berkomunikasi, bagaimana panggilan didistribusikan ke kolega ketika mereka sedang tida ada, dan perangkat mana yang digunakan ketika menelepon atau melakukan panggilan konferensi. Pengguna bisa mengaturnya sendiri tanpa harus menunggu staf IT.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatur opsi-opsi yang ada di Lync 2013:

Advertisement